Panduan Utama: Cara memilih kotak kemasan produk yang baik dan tepat untuk anda

divide

Kotak Kemasan Produk • April 15, 2020

Jasa Desain, Cetak dan Pembuatan Kotak Kemasan Produk Yang Baik

Cara produk anda dikemas memainkan peran penting dalam bagaimana konsumen meresponnya. Kotak kemasan produk yang baik dapat meningkatkan nilai merek anda, meningkatkan harga jual dan memberikan perbedaan utama antara anda dan pesaing anda, dan itu baru permulaan.

Butuh Kotak Kemasan Produk? Klik Disini

Untuk memahami mengapa pengemasan sangat penting, anda harus memahami apa tujuan yang dikomunikasikan oleh pengemasan anda. Ada beberapa elemen dasar dari kotak kemasan produk, seperti: bentuk, desain, bahan, warna dan teks. Setiap elemen mengkomunikasikan sesuatu tentang merek anda sendiri secara keseluruhan, termasuk di dalamnya:

  • Nilai-nilai dari merek anda
  • Kepada siapa produk anda dipasarkan
  • Apa yang dilakukan produk anda
  • Tujuan kotak kemasan produk
  • Fungsi kotak kemasan produk
  • Manfaat kotak kemasan produk

Kemasan atau packaging anda juga secara inheren mengkomunikasikan hal-hal lain, seperti nilai pasarnya dan siapa konsumen yang menggunakan produk tersebut. Pada akhirnya, kotak kemasan produk adalah berbicara mengenai pemasaran atau promosi. Cara anda merancang kemasan akan membantu konsumen membedakan antara produk anda dengan produk lainnya yang sama dengan anda dan membantu anda dalam meningkatkan citra merek anda sepanjang waktu.

Kemasan yang dirancang dengan baik juga dapat mempengaruhi perilaku konsumen sesuai keinginan anda. Sebagai contoh, 72% konsumen mengatakan bahwa cara suatu produk dikemas mempengaruhi keputusan pembelian mereka, dan bahkan lebih banyak lagi (81%) mengatakan kemasan mempengaruhi pilihan hadiah mereka.

Kotak Kemasan Produk

Jika anda mengetahui kemasan itu apa, sebuah iklan untuk produk anda yang ditempatkan di rak akan terlihat dengan jelas tanpa kesalahan. Pengemasan atau packaging yang baik dapat membuat perbedaan yang nyata dan akan meningkatkan penjualan produk anda.

Baca terus artikel ini untuk mengetahui semua yang ingin anda ketahui tentang memilih, merancang dan membuat kotak kemasan yang sempurna untuk produk anda.

Butuh Kotak Kemasan Produk? Klik Disini

Menentukan dasar-dasar desain kotak kemasan produk yang baik dan tepat

Sebelum anda memilih kotak kemasan terbaik untuk produk anda, anda harus membuat keputusan yang tepat di awal. Mulailah dengan pertanyaan-pertanyaan ini untuk membantu mempersempit pilihan anda dan memperjelas arah yang harus anda tuju.

1. Bahan apa yang ingin anda gunakan untuk membuat kotak kemasan produk yang baik dan tepat?

Bahan pilihan anda adalah salah satu bagian terpenting dari desain kotak kemasan produk anda. Apakah anda memilih bahan kertas, plastik, karton, corrugated dan yang lainnya tergantung pada gaya merek dan produk itu sendiri. Namun perlu diingat bahwa, konsumen sangat menyukai kotak kemasan produk yang terbuat dari kertas. 68% konsumen mengatakan mereka cenderung lebih memilih produk dalam kemasan kertas atau kardus dibandingkan dengan kemasan plastik, dan 63% mengatakan kemasan kertas membuat produk tampak lebih berkualitas.

2. Bagaimana produk anda akan dikirim?

Daya tahan menjadi faktor penting dari kotak kemasan produk, dan fungsi serta kemudahan pengiriman harus dipertimbangkan ketika membuat desain kemasan anda. Anda tidak ingin merancang desain kemasan yang cantik dan menarik tetapi mudah rusak sebelum sampai ke tempat tujuan pengiriman.

3. Berapa anggaran anda?

Seperti kebanyakan strategi promosi atau pemasaran, anggran memiliki dampak besar pada apa yang anda bisa dan tidak bisa lakukan. Ketika berbicara mengenai anggaran, pastikan untuk membuat anggaran yang tidak hanya untuk kemasan itu sendiri tetapi juga untuk pekerjaan kreatif dalam proses desain.

4. Apa yang akan menarik bagi pelanggan anda?

Ini adalah salah satu bagian terpenting yang perlu anda tetapkan saat merancang desain kotak kemasan produk anda. Dari bahan hingga warna, setiap elemen kemasan anda perlu dioptimalkan untuk menarik minat pelanggan yang anda tuju. Luangkan waktu untuk meneliti apa yang akan memberikan dampak terbesar pada desain kemasan produk anda.

12 jenis gaya desain dan contoh kotak kemasan produk yang baik dan tepat

Tidak ada batasan jika kita berbicara mengenai gaya desain kemasan produk. Pilih satu yang sesuai dengan jawaban anda untuk pertanyaan di bagian terakhir dan yang cocok dengan ukuran serta bentuk produk anda.

1. Kotak kemasan produk dengan model penutup searah atau Straight Tuck End (STE)

Kotak kemasan produk model penutup searah atau Straight Tuck End (STE) adalah kotak serbaguna dan mudah diraikit yang merupakan pilihan yang sangat baik untuk kemasan yang efisien. Tutup lipatan pada kedua sisi menghasilkan segel yang sederhana dan efektif. Penutup diposisikan ke arah belakang dan menyatu di sepanjang tepi untuk menampilkan desain yang jelas di seluruh kotak.

2. Kotak Reverse Tuck End

Kotak kemasan produk Reverse Tuck End (RTE) memiliki gaya dan bentuk yang hampir serupa dengan STE. Kotak RTE memiliki penutup pada bagian depan dan belakang, sehingga dapat meningkatkan daya tahannya dan membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk barang yang lebih berat.

3. Kotak Display

Kotak display memiliki berbagai ukuran dan bentuk untuk membantu produk anda terlihat lebih menonjol saat ditempatkan di rak. Optimalkan kotak display anda agar paling sesuai dengan produk anda, area tampilan anda atau keduanya, dengan banyak pilihan untuk memastikan bahwa produk anda terlindungi dengan baik dan posisi yang baik saat penjualan.

4. Kotak Gable

Salah satu pilihan kotak kemasan produk yang mewah adalah kotak gable karena memiliki struktur yang sangat baik dengan penutup depan yang dapat diselipkan sehingga membantu untuk menyatu dengan mudah. Gunakan kotak gable untuk meningkatkan tampilan kemasan produk anda.

5. Kotak kemasan produk bir 4 sudut

Kemasan bir 4 sudut dilengkapi dengan baki dan sebuah kotak dengan penutup menampilkan desain empat sudut yang klasik dimana setiap sisi terlipat ke dalam untuk mempertahankan tampilan bentuknya. Struktur kotak kemasan produk ini sangat ideal untuk dibawa dan disimpan dimana saja.

6. Kotak kemasan produk bir 6 sudut

Kotak kemasan produk bir 6 sudut terdiri dari empat sudut standar dan tutup dengan dua lipatan yang mudah dibuka ke atas kotak dan ketika dilipat ke bawah.

7. Kotak sleeve

Kotak kemasan sleeve menggunakan struktur bagian ganda untuk menciptakan solusi pengemasan atau packaging yang sangat tahan lama. Penampan pada bagian dinding dapat dilipat dengan mudah sehingga membungkus semua sisi kotak. Penampan dapat dibuka di kedua ujungnya dan dipasang dengan aman saat proses pengemasan.

8. Kotak bantal

Kotak bantal yang terbuat dari karton sangat mudah dipasang, dengan desain one-piece dan penutup yang dapat dilipat di setiap ujungnya. Meskipun tidak bagus untuk ditumpuk, kotak bantal cocok untuk kemasan produk yang dijadikan hadiah.

9. Walker Lock

Walker lock menampilkan desain kotak kemasan dengan kunci untuk memastikan stabilitas pada saat digunakan. Fitur empat flap yang disatukan secara terpisah dari desain kunci utama. Sangat baik digunakan untuk menyimpan dan mengatur produk atau barang yang berat dan berukuran besar.

10. Kotak Snap Lock

Kotak kemasan produk snap lock menawarkan tampilan yang mirip dengan kotak tuck end dengan keamanan tambahan berupa tutup yang dapat saling mengunci. Kunci tersebut diterapkan pada kotak untuk meningkatkan daya tahan.

11. Kotak kemasan produk Hexagon/Octagon

Bagi anda yang ingin sedikit lebih kreatif dengan bentuk kotak kemasan produk anda, kotak segi enam (hexagon) dan segi delapan (octagon) menawarkan keamanan yang mirip dengan kotak persegi, persegi panjang dan yang lainnya ditampah dengan tampilan yang lebih menonjol. Meskipun bentuknya unik kotak hexagon dan octagon dapat dilipat dengan rata dan cocok digunakan sebagai kemasan untuk berbagai macam produk makanan seperti pizza, kue, cookies dan yang lainnya.

12. Kotak pengiriman

Kotak pengiriman biasanya ringan namun kuat, menjadikannya pilihan yang tepat untuk pengiriman buku dalam jumlah besar, contoh produk, brosur dan banyak lagi. Penutup depan pada bagian luar memudahkannya saat dibuka dan ditutup dengan struktur yang kokoh.

Kotak kemasan produk custom

Semua solusi dan desain kotak kemasan produk yang kami tawarkan dapat sepenuhnya disesuaikan agar sesuai dengan produk dan merek anda. Perusahaan di berbagai industri menggunakan kemasan khusus sebagai cara inovatif untuk memberikan sentuhan berbeda pada produk mereka, terutama produk yang terlihat serupa dengan pesaing mereka.

Kotak kemasan produk khusus dapat meningkatkan pengalaman produk anda bagi konsumen. Dalam industri makanan dan miniuman, misalnya, banyak perusahaan yang ingin menggungguli pesaing mereka membuat kemasan produk khusus baik itu dari segi struktur, desain dan bahan baku pembuatnya. Komponen kotak kemasan produk yang diproduksi secara digital membantu memastikan bahwa branding merek tidak akan mengganggu syarat dan ketentuan pengemasan, sementara teknik desain modern dan bentuk kemasan membantu mendefinisikan kembali makna dari produk tersebut dan mengapa orang-orang harus membelinya.

Industri lain yang membuat kotak kemasan produk khusus adalah jasa pengiriman. Perusahaan-perusahaan ini menawarkan kemasan produk dengan berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan produk pelanggan mereka. Agar terlihat menonjol, banyak kotak kemasan dirancang dengan desain yang menarik sehingga dapat membuat pelanggan menyukai produk tersebut bahkan sebelum mereka membuka kemasan dan melihatnya secara langsung.

Perusahaan e-commerce adalah salah satu perusahaan yang merancang desain kotak kemasan produk mereka lebih ekspresif dibanding dengan yang lainnya. Banyak toko online yang bergantung pada kemasan mereka untuk pengiriman yang efisien sekaligus meningkatkan nilai merek produk mereka. Dengan membuat kemasan produk yang kreatif, perusahaan e-commerce membantu membangun identitas merek mereka sehingga terlihat berbeda dari yang lainnya.

Efek cetak kotak kemasan produk custom

Satu-satunya batasan kreativitas perusahaan dengan kotak kemasan produk mereka adalah imajinasi. Efek cetak khusus yang ada saat ii dapat membuat hampir semua ide kemasan menjadi lebih hidup dengan cepat dan harga terjangkau. Pelajari tentang efek cetak khusus yang kami tawarkan dan cara mengubah desain kemasan produk impian anda menjadi kenyataan.

1. Efek tinta

Efek tinta khusus dapat menambahkan kepribadian pada kotak kemasan produk anda dan sangat berguna untuk dijadikan sebagai media promosi atau pemasaran yang kohesif untuk berbagai jenis produk.

Saat merancang desain kotak kemasan produk untuk dicetak, anda harus memilih warna CMYK agar hasilnya bagus. Tinta dan laminasi khusus adalah efek cetak yang sederhana dengan menggunakan berbagai tinta khusus untuk membuat produk anda terlihat menonjol.

2. Die Cutting

Die cutting adalah proses pemotongan secara khusus disesuaikan dengan produk agar terlihat lebih menarik dan meningkatkan nilai jualnya. Proses die cutting dilakukan dengan pemotong yang dibuat khusus yang menghasilkan desain tepi kemasan anda terlihat lebih tajam dan halus yang membuat kotak kemasan produk anda menjadi pusat perhatian pelanggan anda.

Efek cetak khusus lainnya

Selain yang telah disebutkan diatas, berikut ini beberapa efek cetak khusus lainnyang yang dapat diaplikasikan pada desain kotak kemasan produk.

1. Foil Stamping

Panas memenuhi tekanan untuk proses pewarnaan yang menambahkan sentuhan mewah pada kemasan produk apapun. Foil yang dipanaskan ditekan ke permukanan dengan proses tekanan yang unik. Dapat digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan embossing untuk menghasilkan efek tiga dimensi (3D). Berbagai jenis foil yang dapat digunakan seperti logam, serat kayu dan hologram.

2. Embossing

Proses embossing menciptakan tekstur pada kemasan produk anda dengan kata-kata dan desain yang secara halus muncul di kemasan dengan tampilan yang sangat menarik. Warna emboss bisa sama dengan warna kemasan atau cetakannya, termasuk metalik yang mewah untuk mempercantik tampilan.

3. Spot UV

Dengan Spot UV, sinar ultra-violet digunakan untuk menyemprotkan tinta atau lapisan mengiklap pada kemasan produk anda. Hasilnya adalah efek cetak mengkilap yang sangat baik untuk menyorot teks utama pada kemasan anda, seperti logo atau nama produk anda.

Langit adalah batasannya ketika anda memilih opsi efek cetak kustom. Anda dapat bekerja sama dengan kami untuk mendapatkan solusi kreatif dalam proses desain, cetak dan pembuatan kotak kemasan produk anda.

FAQ atau pertanyaan yang sering diajukan saat proses desain, cetak dan pembuatan kotak kemasan produk yang baik dan tepat

Perusahaan percetakan adalah yang bertanggung jawab untuk menerima ide kemasan produk anda dan mengubahnya menjadi kemasan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Dengan demikian, desain kemasan sebagian besar merupakan upaya kolaborasi. Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penting yang akan membantu perusahaan percetakan membuat pedoman untuk produksi kemasan anda dan memastikan bahwa kemasan yang dihasilkan sesuai dengan apa yang anda bayangkan.

Berapa ukuran atau dimensi produk anda?

Yang paling penting saat merancang desain kemasan adalah produk anda pas di dalamnya. Meskipun ukuran kemasan dapat lebih besar dari ukuran produk anda, jawaban ini akan menentukan ukuran minimum kemasan anda dan produk anda akan lebih cocok untuk dimuat dalam beberapa bentuk dan struktur kotak kemasan yang berbeda.

Apakah kemasan produk tersebut digunakan satu kali atau berulang kali?

Anda akan menginginkan kotak yang berbeda untuk kemasan yang sering digunakan dibandingkan kemasan yang hanya digunakan sekali saja seperti kotak untuk pengiriman. Jawaban anda untuk pertanyaan ini membantu membangun struktur dan bahan yang menjadi dasar desain kemasan produk anda.

Berapa berat produk yang akan anda masukkan ke dalam kemasan?

Mirip dengan ukuran produk anda dan frekuensi penggunaan kemasan, bobot atau berat produk anda akan berdampak pada struktur dan bahan yang digunakan untuk membuat kemasan. Misalnya, jika produk anda berat, anda mungkin perlu menggunakan karton corrugated daripada karton dan kertas biasa untuk memastikan produk anda dapat dimuat di dalam kemasan.

Apakah ada beberapa kesamaan antara produk yang berbeda yang membutuhkan kemasan?

Anda dapat menghemat banyak uang dengan memesan satu kemasan untuk berbagai produk dan menyesuaikannya dengan label, stiker atau efek cetak. Berbagai pilihan warna juga dapat digunakan untuk membedakan berbagai produk di rak dengan hanya menggunakan satu struktur kemasan. Jika anda menemukan kesamaan, anda dapat menyederhanakan proses pengemasan atau packaging dengan memesan lebih banyak kemasan di awal dan kemudian membedakannya di kemudian hari.

Apa yang ingin anda lakukan dengan kemasan produk anda?

Pertanyaan ini adalah masalah besar. Pertimbangan untuk kemasan produk anda akan berbeda tergantung pada apakah kemasan anda akan diletakkan di rak atau di meja display atau apakah dikirimkan.

Laminasi/tekstur apa yang anda inginkan?

Efek cetak khusus sangat fleksibel, tetapi tidak semua efek dapat digunakan pada semua proses cetak. Anda harus mengetahui jenis tinta, laminasi, tekstur, dll. Anda harus mengetahui apa yang anda inginkan untuk kemasan anda sebelum anda mencetaknya.

Apa bentuk kemasan produk yang anda inginkan?

Pada titik ini, perusahaan percetakan akan tahu lebih dari cukup tentang persyaratan kemasan anda untuk membantu anda mempersempit pilihan bentuk yang ideal. Jika anda tidak menginginkan kemasan standar atau persegi panjang, pertimbangkan opsi kemasan khusus seperti bentuk segi enam, segi delapan atau bentuk unik lainnya.

Apakah anda perlu melipat kemasan anda?

Jika anda akan menyusun kemasan di tempat anda, sebaiknya anda mencetak kemasan yang dapat dilipat agar mudah dikirim dan disimpan. Ini juga lebih baik untuk menghemat biaya pengiriman karena harganya lebih murah. Namun penting untuk dicatat bahwa beberapa kemasan yang dapat dilipat tidak dapat menopang beban sebanyak kemasan produk yang tidak dilipat. Anda mungkin perlu mengganti bagian penutupnya agar dapat memuat barang yang lebih berat.

Pertimbangan desain, cetak dan pembuatan kotak kemasan produk yang sempurna

Kotak kemasan produk anda perlu memiliki banyak tujuan, terkait fungsi dan gaya. Merancang desain kemasan yang sempurna bermuara pada membuat keputusan tentang tidak hanya apa yang anda ingin kemasan produk anda lakukan tetapi apa yang anda inginkan dan sesuai dengan anggaran perusahaan anda.

Tidak ada kemasan satu ukuran untuk semua yang berfungsi untuk setiap produk dan setiap merek. Apa yang ada, bagaimanapun adalah kemasan yang sempurna untuk produk dan merek anda. Berikut ini cara mencari tahu apa itu.

1. Mulailah dengan produk anda

Ini adalah alasan anda merancang desain kemasan produk. Kemasan anda perlu dioptimalkan agar sesuai dan meningkatkan penjualan, bukan sebaliknya. Selain menyesuaikan ukuran dengan desain, jangan lupa untuk memperhitungkan bagaimana kemasan anda disimpan dan dikirimkan.

2. Lihatlah apa yang dilakukan pesaing anda

Merupakan ide bagus untuk melihat pesaing yang kuat di industri yang sama dengan anda untuk mengetahui apa yang mereka lakukan dengan kemasan produk mereka, bukan untuk mencuri desain mereka tetapi untuk mengidentifikasi beberapa elemen utama yangn membuat kemasan mereka sangat efektif. Ini akan mencakup perusahaan yang menjual produk yang sama dengan anda sendiri serta perusahaan yang ada di lingkungan anda. Apa yang mereka lakukan dan bagaimana anda bisa menggunakan hal itu untuk menginspirasi desain kemasan produk anda sendiri?

3. Pertimbangkan pelanggan anda

Pelanggan adalah pengguna akhir dari kemasan produk anda, jadi anda harus memastikan desain kemasan anda menarik perhatian mereka sehingga mereka tertarik untuk membeli produk yang anda jual.

4. Jangan lupa tentang syarat dan ketentuan kotak kemasan produk (packaging)

Jika anda memiliki label produk tertentu yang perlu disertakan pada kemasan anda, masukkan label itu ke dalam desain keseluruhan sehingga tidak terlihat biasa saja. Ini membantu anda membuat satu desain yang kohesif dan selaras antara merek, logo dan kemasan anda.

Desain kotak kemasan produk yang bagus sangat penting untuk keberhasilan bisnis atau usaha anda. Anda harus memikirkan desain kemasan anda dengan memperhatikan pertimbangan fungsional tambahan seperti daya tahan dan daya angkut.

Jika saat ini anda sedang membutuhkan kotak kemasan produk untuk usaha anda, baik itu kemasan makanana, miniuman, produk kesehatan, produk kecantikan, hand sanitizer, pizza, desinfektan, fashion, pakaian, sepatu dan yang lainnya, hubungi kami melalui nomor telepon dan Whatsapp atau dengan mengisi form order yang kami sediakan di website ini untuk melakukan pemesanan secara online dan mendapatkan penawaran harga dari kami.

Follow akun Instagram kami untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai produk cetak yang kami tawarkan kepada anda.