10 tips desain, cetak dan pembuatan kemasan produk khusus Lebaran

divide

Kotak Kemasan Produk • April 17, 2020

Cetak, Desain dan Pembuatan Kotak Kemasan Produk Lebaran

Hari besar keagamaan seperti Lebaran, Natal, Imlek dan Tahun baru dapat menjadi waktu yang tepat bagi setiap pemilik usaha untuk mencari ide baru untuk desain, cetak dan pembuatan kemasan produk mereka.

Jadi, apakah kemasan makanan anda benar-benar layak? Apakah anda akan mendapatkan pengembalian investasi yang sepadan dengan biaya yang anda keluarkan? Jika dilakukan dengan benar, jawabannya pasti “Ya”.

Saat memasuki hari besar keagaamaan seperti Lebaran, Natal, Imlek dan Tahun Baru, terjadi peningkatan dalam aktivitas belanja. Ini dapat menjadi peluang besar bagi pemilik usaha untuk meningkatkan penjualan mereka. Banyak orang yang menghabiskan uang mereka dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Poin kunci disini adalah konsumen membeli barang atau produk dari banyak outlet yang berbeda. Dari tahun ke tahun ada peningkatan yang signifikan dalam jumlah konsumen yang membeli barang atau produk secara online melalui internet pada pada saat menjelang hari raya Lebaran, Natal, Imlek dan Tahun Baru.

Menjelang Lebaran seperti saat ini adalah waktu yang tepat bagi pemilik usaha baik itu offline maupun online untuk melakukan pembuatan kemasan produk yang hebat dan meninggalkan kesan positif pada pelanggan. Bagaimana konsep pembuatan kemasan produk menjelang hari raya Lebaran?

Konsep pembuatan kemasan produk dengan tema hari besar keagaaman mungkin tampak seperti konsep yang relatif baru. Bagaimana anda melakukannya agar memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan penjualan produk anda? Baca terus artikel di bawah ini.

Butuh Kotak Kemasan Produk? Klik Disini

Tips pembuatan kemasan produk menjelang hari raya Lebaran

1. Bangun narasi antara merek anda dan konsumen melalui storytelling

Merek produk anda menceritakan sebuah kisah. Anda harus menggunakan cerita anda sebagai sarana untuk menunjukkan karakter produk usaha anda kepada pelanggan. Gunakan kesempatan ini dengan melakukan pembuatan kemasan produk menjelang hari raya Lebaran untuk berbagi cerita tentang emosi, kekeluargaan dan persatuan.

Kemasan produk yang bagus tidak hanya menarik perhatian pembelian, itu harus menyampaikan pesan yang membuat pelanggan ingin terhubung dengan merek anda. Begitulah cara untuk menciptakan loyalitas. Starbucks melakukan pekerjaan hebat ini setiap tahun, dengan merilis cangkir kopi yang disesuaikan dengan tema hari besar keagaaman seperti Lebaran setiap tahun. Mereka memiliki tujuan untuk membuat hubungan yang erat antara merek dengan pelanggan mereka. Dan itu berhasil!

Tren desain dan pembuatan kemasan produk yang populer pada tahun 2020 adalah bercerita melalui ilustrasi. Apa yang paling penting bagi pelanggan harus disampaikan dalam citra merek anda. Anda juga dapat menampilkan sentuhan yang menyebarkan cinta, ucapan terima kasih, persatuan dan yang lainnya dalam kemasan produk anda, khususnya saat ini dimana kita semua sedang menghadapi pandemi coronavirus COVID-19 yang sedang melanda tidak hanya Indonesia tetapi juga seluruh negara-negara di dunia.

Cetak, Desain dan Pembuatan Kotak Kemasan Produk Lebaran

Anda dapat menulis ucapan-ucapan terima kasih, rasa cinta dan persatuan bagi petugas medis, petugas keamanan, orang-orang yang terlibat dalam penanganan virus tersebut dan juga masyarakat luas pada kartu ucapan yang ditempel di kemasan produk dan menyebarkannya melalui kampanye di media sosial dengan menggunakan hashtag seperti: #dirumahsaja, #kerjadirumah, #stayhome, #terimakasihpetugasmedis, #terimakasihparamedics, dll.

Hal-hal sederhana seperti itu dapat membangun narasi yang bermakna dan berpotensi untuk dibagikan kepada banyak orang melalui platform media sosial yang digunakan oleh banyak orang saat ini.

2. Ciptakan dorongan kepada pembeli untuk berbelanja

Apakah anda memiliki produk khusus menjelang hari raya Lebaran atau tidak, jika anda menerapkan pembuatan kemasan produk khusus Lebaran telah terbukti meningkatkan penjualan produk secara keseluruhan. Jika konsumen mengaitkan produk anda dengan perayaan Lebaran, itu membuat mereka jauh lebih mungkin untuk melakukan pembelian.

Cobalah untuk memikirkan desain dan pembuatan kemasan produk anda dari perspektif konsumen. Anda dapat merancang desain kemasan produk khusus bertema Lebaran, sementara banyak pesaing anda memilih untuk tetap menggunakan kemasan yang sama yang mereka gunakan sepanjang tahun. Menurut anda, produk mana yang akan dibeli oleh konsumen? Anda tentu dapat menjawab sendiri pertanyaan tersebut.

Tidak hanya menciptakan dorongan untuk berbelanja, hal itu juga dapat menciptakan kegembiraan dan menghasilkan loyalitas kepada merek produk anda karena mereka tahu anda akan merilis produk khusus untuk merayakan hari raya Lebaran.

3. Menciptakan karakter merek yang ramah dan ceria

Produk makanan dan minuman yang dikemas secara khusus dalam menyambut Lebaran tentu akan menghadirkan keceriaan bagi setiap keluarga. Ciptakan karakter merek produk yang ramah dan ceria pada kemasan anda sehingga banyak orang yang akan membelinya untuk disajikan di meja makan pada saat hari raya Lebaran.

Anda harus berusaha menjaga pesan dan nilai estetika merek anda tetap konsisten saat merancang desain dan pembuatan kemasan produk yang ramah dan ceria dalam menyambut momen hari raya Lebaran. Desain dan pembuatan kemasan produk makanan dan minuman khusus hari raya Lebaran menciptakan kesan yang mendalam dan tidak terlupakan bagi konsumen. Konsumen juga akan semakin terhubung dengan merek produk anda.

4. Pertimbangkan apa yang dilakukan pesaing anda dan perbedaannya

Biasakan untuk mempelajari apa yang dilakukan pesaing anda sepanjang tahun, khususnya menyambut hari raya Lebaran. Ini memungkinkan anda untuk melihat dan memahami elemen desain apa, jika ada yang akan dimasukkan ke dalam kemasan produk anda. Ini adalah saat yang tepat untuk mengelavuasi peluang yang tidak dimanfaatkan oleh pesaing anda.

Fokuskan upaya anda untuk memanfaatkan peluang ini dan membuat kemasan produk khusus Lebaran yang berbeda. Sekarang juga merupakan waktu yang tepat untuk melihat merek-merek yang kurang sukses dalam industri anda untuk mendapatkan ide tentang cacat desain yang harus anda hindari dalam melakukan pembuatan kemasan produk khusus Lebaran anda. Buatlah daftar yang menunjukkan bahwa pesain anda melakukan yang benar dan salah, kemudian buat strategi untuk kemasan produk Lebaran anda sendiri.

5. Lihat inspirasi pembuatan kemasan produk Lebaran di luar usaha anda

Apa yang membuat kemasan produk Lebaran tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya adalah darimana inspirasi itu berasal. Sirup umumnya dianggap sebagai minuman pilihan untuk merayakan hari raya Lebaran. Jika usaha anda tidak menjual produk minuman, anda dapat mengambil inspirasi desain dan pembuatan kemasan produk khusus Lebaran dari merek sirup yang menarik dan tingkat penjualannya tinggi.

6. Pikirkan pelanggan anda dan bagaimana anda bisa membangun citra merek produk yang tepat

Karena pasar digital atau toko online menjadi tempat belanja yang sangat signifikan saat ini, penting untuk selalu memikirkan pelanggan anda. Sementara sekitar 60% pembeli akan baru mengenal merek produk anda, anda tidak dapat mengharapkan mereka untuk menemukan merek produk anda secara organik di situs web toko online.

Pikirkan interaksi pertama yang pelanggan anda miliki dengan produk anda, dengan interaksi terakhir. Kemudian tanyakan pada anda sendiri, berapa banyak titik sentuh pelanggan yang dapat anda buat untuk membedakan kemasan produk anda dalam menyambut hari raya Lebaran.

7. Jangan mengabaikan kekuatan belanja online dalam pembuatan kemasan produk Lebaran

Orang-orang tidak lagi belanja kebutuhan Lebaran dengan cara tradisional, terutama dengan adanya pandemi coronavirus COVID-19 saat ini yang sedang mewabah. Belanja online adalah pilihan utama dari banyak orang saat ini. Dengan semakin banyaknya pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah dan membuat orang semakin banyak yang tinggal di rumah, penjualan online diprediksi akan semakin meningkat seiring semakin dekatnya bulan Ramadhan dan Lebaran.

Dengan semakin banyak orang yang berbelanja secara online, semakin banyak toko online yang mendominasi pasar. Banyak konsumen yang berbelanja di marketplace atau toko online seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan yang lainnya. Meskipun anda mungkin memiliki produk yang dapat dibeli di toko online tersebut, konsumen yang membeli produk anda mungkin menyukainya. Yang mungkin membuat penjualan produk anda menurun adalah saat konsumen menerima produk anda tidak dikemas dengan baik.

Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan melakukan pembuatan kemasan produk yang baik dan mengesankan.

8. Buat kemasan yang sesuai dengan karakter merek produk anda

Buat kemasan produk anda sendiri. Itu harus sesuai dengan karakter dan nuansa merek produk anda. Jika anda dapat membuat pelanggan anda mendapatkan nilai lebih dari sekedar produk yang anda jual, mereka akan cenderung kembali dan membeli lagi.

Tunjukkan karakter dan gaya perusahaan anda dan jangan takut untuk terhubung dengan pelanggan anda secara personal. Ini mungkin tampak seperti hal yang sederhana, tetapi pembuatan kemasan produk yang dilakukan sesuai dengan karakter merek produk anda dapat memberikan perasaan semangat bagi konsumen anda untuk membeli produk anda.

9. Jangan membuat bingung pelanggan anda

Saat melakukan pembuatan kemasan produk khusus Lebaran, penting untuk melihat lini produk anda secara keseluruhan dan menghasilkan strategi promosi atau pemasaran yang solid. Pembuatan kemasan produk khusus adalah tugas yang tidak boleh dianggap remeh dan tugas yang membutuhkan perencanaan yang baik.

Sebelum anda mencetak dan membuat kemasan produk, ada baiknya untuk melihat kembali desainnya apakah sudah sesuai dengan strategi promosi perusahaan anda. Anda melihat dan menangani produk anda setiap hari, jadi anda mungkin merasakan atau melihat kualitas produk yang orang lain mungkin tidak mengerti atau “dapatkan”.

10. Pilih bahan atau material yang berkualitas untuk pembuatan kemasan produk

Saat melakukan pembuatan kemasan produk khusus Lebaran, selalu gunakan bahan atau material terbaik dan sesuai dengan anggaran produksi anda. Menggunakan bahan atau material yang tidak berkualitas dapat menyebabkan berbagai masalah yang merugikan usaha anda.

Ada banyak jenis bahan atau material untuk pembuatan kemasan produk yang dapat anda pilih sesuai dengan produk anda. Anda dapat memilih menggunakan bahan kertas, karton, corrugated, plastik dan yang lainnya. Sesuaikan bahan pembuat kemasan dengan produk usaha anda apakah itu makanan, minuman, pakaian, sepatu, baju koko, hijab, peci, sandal, sarung dan yang lainnya. Gunakan material atau bahan yang kuat, tahan lama dan dapat beradaptasi dengan kondisi apapun terutama saat proses pengiriman.

Bagi banyak konsumen, kemasan dapat mencerminkan kualitas produk di dalamnya. Jadi jika anda merancang desain dan pembuatan kemasan produk Lebaran yang terlihat murah, konsumen cenderung bahwa produk anda murah.

Untungnya, ada banyak pilihan yang terjangkau jika anda saat ini membutuhkan layanan jasa desain, cetak dan pembuatan kemasan produk. Percetakan Dimensi dapat memberikan layanan dengan harga murah dan terjangkau bagi anda baik dengan menggunakan mesin cetak offset maupun digital printing. Cetak hanya apa yang anda butuhkan dan sesuai dengan produk anda.

Hubungi Percetakan Dimensi melalui nomor telepon dan Whatsapp atau dengan cara mengisi form order yang kami sediakan di website ini untuk melakukan pemesanan desain, cetak dan pembuatan kemasan produk secara online dan mendapatkan penawaran harga.

Follow akun Instagram kami untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai produk cetak yang kami tawarkan kepada anda.