Mengapa perusahaan harus menggunakan kemasan produk ramah lingkungan

Kotak Kemasan Produk • April 17, 2020

Cetak, Desain dan Pembuatan Kemasan Produk Ramah Lingkungan

Krisis lingkungan yang saat ini kita hadapi dalam skala global jelas memiliki dampak langsung pada konsumerisme dan kebiasaan berbelanja. Isu-isu penting seperti polusi plastik dan deforestasi menyebabkan konsumen memiliki kekhawatiran darimana kemasan produk mereka berasal dan apa efeknya terhadap lingkungan.

Akibatnya, dunia usaha atau bisnis juga mulai menggunakan packaging produk yang ramah lingkungan dan bisa didaur ulang untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Perkembangan ini sangat signifikan dalam hal membentuk masa depan ritel, karena perusahaan perlu berevolusi untuk mempertahankan dan menumbuhkan basis pelanggan mereka karena meningkatnya kesadaran akan masalah lingkungan.

Butuh Kotak Kemasan Produk?Klik Disini

Konsumen yang sadar lingkungan

Konsumen yang sadar lingkungan adalah individu yang mempertimbangkan dampak sosial, ekologis dan lingkungan dari suatu produk. Konsumen yang sadar berupaya membuat keputusan pembelian yang akan berdampak positif pada masyarakat dan lingkungan mereka.

Konsumen yang sadar lingkungan semakin meningkat dan generasi millenial menjadi pemimpin. Penelitian menunjukkan bahwa 33% konsumen sekarang khawair tentang packaging yang mereka beli dan apakah kemasan tersebut dibuat dengan baik atau tidak.

74% orang juga bersedia membayar lebih untuk suatu produk yang dikemas dari bahan ramah lingkungan. Sangat penting bahwa dunia usaha atau bisnis beradaptasi untuk memenuhi tuntutan yang meningkat ini tidak hanya untuk menjaga lingkungan tetapi juga menarik konsumen yang sadar dan meningkatkan penjualan.

Cetak, Desain dan Pembuatan Kemasan Produk Ramah Lingkungan

Banyak perusahaan besar telah mulai mengadopsi penggunaan kemasan produk yang ramah lingkungan dalam layanan mereka. Misalnya, McDonald’s adalah salah satu restoran cepat saji pertama yang memperkenalkan uji coba sedotan kertas di seluruh dunia, yang akhirnya banyak perusahaan melarang penggunaan sedotan plastik.

Di Islandia, jaringan supermarket Wales juga terkenal menghentikan penggunaan minyak sawit di semua produk mereka sendiri karena efek berbahaya dari deforestasi yang terlibat dalam pengadaannya.

Perkembangan ini tidak hanya sangat positif dalam hal membantu meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan, tetapi juga dapat meberikan perspektif bagi konsumen karena ada lebih banyak pilihan yang tersedia bagi mereka yang berniat untuk membeli packaging produk yang ramah lingkungan.

Bagaimana kemasan produk yang ramah lingkungan dapat memberikan manfaat bagi usaha atau bisnis anda

Ada banyak manfaat yang didapatkan ketika anda beralih untuk menggunakan kemasan produk ramah lingkungan dari perspektif bisnis dan sesuai dengan gaya hidup konsumen yang membeli produk. Berikut adalah beberapa manfaat positif dari penggunaan packaging produk yang ramah lingkungan.

  • Mudah didaur ulang, sebagian besar kemasan produk ramah lingkungan dapat didaur ulang
  • Dapat terurai secara hayati, ini berarti lebih sedikit limbah dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan
  • Mengurangi jejak karbon, lebih sedikit energi yang dibutuhkan untuk menghasilkan packaging produk ramah lingkungan
  • Meningkatkan citra merek (branding), memposisikan perusahaan anda memiliki perhatian tinggi untuk memelihara lingkungan
  • Kemasan produk dapat didaur ulang dan digunakan kembali secara berkelanjutan, ketika packaging produk dapat digunakan kembali itu berarti dapat mengurangi limbah
  • Dapat menghemat uang, packaging produk ramah lingkungan dapat dibeli dalam jumlah besar yang berarti harganya lebih murah
  • Biaya pengiriman yang lebih rendah, karena lebih sedikit bahan yang digunakan untuk membuatnya sehingga beratnya menjadi lebih ringan
  • Pilihan yang sehat dan aman bagi konsumen, tidak mengandung bahan kimia atau bahan berbahaya lainnya yang dapat mengganggu kesehatan

Secara keseluruhan, meningkatnya kesadaran penerapan kemasan produk ramah lingkungan dari perspektif bisnis dan konsumen sangat penting dan memiliki lebih banyak dampak positif pada kebiasaan belanja dan kontribusi terhadap lingkungan.

Tidak ada waktu yang lebih baik untuk beralih menggunakan produk kemasan ramah lingkungan sebagai bagian dari bisnis dan usaha anda jika anda belum melakukannya, karena konsumen yang sadar terus menjadi sangat banyak dan memiliki dampak langsung pada cara berpikir konsumen.

Hubungi Percetakan Dimensi jika saat ini anda membutuhkan layanan jasa desain, cetak dan pembuatan kemasan produk melalui nomor telepon dan Whatsapp atau dengan cara mengisi form order yang kami sediakan di website ini untuk melakukan pemesanan secara online dan mendapatkan penawaran harga.