Cara memperkenalkan merek anda ke pasar bisnis baru dengan kotak kemasan produk

divide

Artikel Kotak Kemasan Produk • April 11, 2020

Cara memperkenalkan merek anda ke pasar bisnis baru dengan kotak kemasan produk

Pasar bisnis yang baru memberikan peluang pertumbuhan perusahaan kecil dan menengah. Tetapi seperti beberapa tahun pertama yang dihabiskan untuk menginvestasikan waktu, uang dan sumber daya untuk memulai usaha, menargetkan pasar bisnis baru akan membutuhkan pengeluaran yang signifikan dalam penelitian, analisa dan biaya ekspansi lainnya.

Anda akan mulai dari awal ketika mengenal pelanggan baru anda. Itu tidak bisa dilakukan hanya dengan beberapa asumsi. Selain mengumpulkan dan memilah-milah semua penelitian yang diperlukan, anda harus membuat produk yang dapat digunakan oleh staf penjualan, pemasaran dan pengembangan usaha anda untuk membawa perusahaan ke fase berikutnya. Semua informasi ini dapat diterapkan ke seluruh proses branding merek produk anda, dari kotak kemasan produk hingga iklan yang anda publikasikan secara online.

Butuh Kotak Kemasan Produk? Klik Disini

Cara memperkenalkan merek dengan kotak kemasan produk

1. Temukan niche di kalangan generasi millenial

Generasi millenial adalah pasar terbesar tempat perusahaan anda dapat mengambil bagian dari penjualan. Indonesia terdiri dari puluhan juta millenial. Mereka memiliki miliaran rupiah daya beli tahunan. Banyak perusahaan memperluas jangkauan mereka di pasar yang besar dan kuat ini. Namun, upaya mereka tidak efektif karena mereka menggunakan teknik yang menarik bagi generasi yang lebih tua.

Sebagai seorang generasi millenial, saya tidak percaya pada iklan tradisional. Kita melihat dari cerobong asap dan cermin, sehingga merek produk yang berbicara dalam cerita dan suara otentik menonjol di tengah ramainya iklan pada platform digital. Menurut Forbes, hanya 1% dari generasi millenial menunjukkan bahwa iklan yang kuat akan meyakinkan mereka untuk mempercayai sebuah merek produk.

2. Kenali pasar bisnis baru anda

Riset pasar menyediakan informasi yang anda butuhkan tentang konsumen baru. Mulailah dengan beberapa survei di antara pelanggan yang ada sesuai dengan profil pelanggan baru anda. Anda juga dapat melibatkan mereka dalam diskusi kelompok khusus.

Cara memperkenalkan merek anda ke pasar bisnis baru dengan kotak kemasan produk

Gali lebih dalam dari demografi yang akan menyempurnakan data pelanggan anda seperti usia, pendapatan, jenis kelamin, status perkawinan, profesi dan kebiasaan tertentu dari mereka saat membeli sebuah produk. Dari sini, anda dapat membuat strategi yang lebih spesifik tentang bagaimana metode pemasaran anda akan menarik bagi pelanggan berdasarkan informasi ini.

Daftar lengkap demografi pelanggan anda dapat diringkas menjadi:

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Status perkawinan
  • Status orang tua
  • Pendapatan
  • Investasi
  • Nilai hutang, hipotek atau kartu kredit

Usia konsumen anda akan menenukan jenis generasi millenial yang akan anda targetkan. Generasi ini mencakup semua orang yang lahir dari tahun 1981 hingga 1996, jadi millenial yang lebih tua atau berada di awal usia tiga puluhan akan memiliki kisaran pendapatan dan status perkawinan yang berbeda dibandingkan dengan mereka yang berusia dua puluhan tahun.

3. Buat karakter pelanggan

Karakter pelanggan akan menunjukkan secara konkret kisah dan sasaran pasar bisnis anda. 90% perusahaan dengan karakter pelanggan memiliki pemahaman yang jelas tentang konsumen mereka. Karakter terdiri dari informasi demografi, lokasi atau geografi, profesi dan mengapa mereka memiliki minat dan kebutuhan terhadap produk anda.

Karakter menjanjikan hasil: 71% perusahaan yang melampaui target pendapatan mereka telah mendokumentasikan karakter pelanggan mereka. Karena anda tahu siapa yang harus dijangkau, lebih mudah untuk mengetahui bagaimana menuju ke sana dan melampaui target penjualan. Informasi konsumen yang terperinci juga meningkatkan proposisi nilai anda. 82% perusahaan dengan karakter pelanggan meningkatkan proposisi nilai awal merek produk mereka.

4. Langkah menuju masuk pasar bisnis dengan kotak kemasan produk

Sekarang anda dapat menggambarkan dan menceritakan kisah pasar bisnis baru anda, langkah-langkah yang diambil untuk mencapai mereka akan lebih terarah dan membawa anda lebih dekat ke target konsumen ini.

a. Melihat kompetitor/pesaing

Lihatlah siapa kompetitor/pesaing anda. Atau pelajarilah para pesaing yang mengincar profil generasi millenial yang sama dengan anda. Amati jenis produk atau layanan yang mereka jual kepada target konsumen mereka. Bagaimana mereka memposting artikel/blog, media sosial dan iklan web untuk menarik minat pasar bisnis tersebut?

Lihat celah atau cari peluang dalam strategi mereka. Jika pesaing di lini kosmetik anda bertujuan untuk pasar bisnis kelas atas, anda dapat menarik konsumen kelas menengah yang mencari penawaran harga dengan anggaran terbatas tetapi dengan kualitas yang kompetitif.

b. Memperkuat branding merek produk

Konsumen baru anda dalam tahap mengenal merek produk anda. Mereka belum melihat atau merasakan produk dan layanan yang anda tawarkan apakah sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup mereka. Anda bisa menjadi warung kopi yang terkenal karena mengantarkan kacang, tapi target pasar bisnis anda yang berusia 20-an belum merasakan kafe dimana mereka dapat bekerja dan menikmati kopi yang anda jual.

Luangkan lebih banyak waktu untuk memperkenalkan dan menjadi “top of mind” untuk target pasar bisnis baru anda. Buat konten yang menjangkau konsumen baru anda seperti di blog dan sosial media. Generasi millenial melakukan riset sebelum membeli sebuah produk. Anda juga dapat melibatkan mereka di media sosial, dimana mereka mendapatkan sebagian informasi dan rekomendasi yang terpercaya dari rekan-rekan mereka.

c. Buat desain kotak kemasan produk yang menarik bagi pelanggan anda

Pertahankan perhatian pelanggan, apakah anda merencanakan konten dalam tahap memperkenalkan atau desain kotak kemasan produk yang baru. Kemasan produk anda akan berfungsi saat dipajang di rak swalayan atau di toko anda. Jika kotak kemasan produk anda layak dilihat dan menjawab pertanyaan dari pelanggan, maka anda memiliki peluang lebih besar untuk menghasilkan penjualan.

Warna, font, penulisan dan informasi pada kotak kemasan produk harus menarik bagi target pasar bisnis anda. Sebelum hal lain, pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan untuk produk anda.

Tampilan merek sangat penting untuk kotak kemasan produk anda. Pastikan logo, nama perusahaan dan elemen yang dapat diidentifikasi lainnya terlihat jelas dan mudah diingat. Kotak kemasan produk anda akan sampai di rumah konsumen, sehingga anda pastinya ingin terlihat lebih menonjol ketika mereka menerima kemasan produk anda.

Apakah saat ini anda sedang mencari dan membutuhkan layanan jasa desain, cetak dan pembuatan kotak kemasan produk dengan harga yang murah dan terjangkau? Anda berada di tempat yang tepat, karena kami Percetakan Dimensi siap membantu untuk memenuhi kebutuhan anda tersebut. Hubungi kami melalui nomor telepon dan Whatsapp atau dengan cara mengisi form order yang kami sediakan di website ini untuk mendapatkan penawaran harga.

Follow akun Instagram kami untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai produk cetak yang kami tawarkan kepada anda.