Memilih font atau huruf yang tepat untuk desain buku tahunan sekolah

divide

Artikel Buku Tahunan Sekolah • April 25, 2020

Memilih Font atau Huruf yang Tepat untuk Buku Tahunan Sekolah

Sederhananya, font atau huruf mempengaruhi penampilan dan gaya penulisan.

Anda harus memikirkan dengan hati-hati pilihan font atau huruf untuk digunakan pada buku tahunan sekolah anda karena hal itu dapat mempengaruhi seberapa mudah buku tahunan anda dibaca dan bahkan tampilan secara keseluruhan.

Penggunaan font atau huruf yang berselera tinggi dapat membuatnya lebih mencolok dan menarik secara visual, tetapi penggunaan yang berlebihan dapat mengubah proyek anda menjadi tidak menarik atau bahkan menjadi lebih buruk.

Cara terbaik untuk menghindari kesalahan dalam memilih font atau huruf adalah meluangkan waktu beberapa menit untuk belajar tentang gaya font dan bagaimana mereka digunakan oleh desainer profesional. Selain itu, anda akan terlihat seperti orang jenius ketika anda membicarakan istilah ini di rapat komite buku tahunan sekolah anda.

Cetak Buku Tahunan Sekolah? Klik Disini

Mari kita mulai!!!

Jenis dan klasifikasi Font atau Huruf untuk buku tahunan sekolah

Lihatlah media cetak yang anda miliki seperti koran, majalah atau bahkan halaman website ini. Mereka semua memiliki setidaknya 3 jenis atau klasifikasi font; ini dapat berupa versi yang diubah ukurannya dari font yang sama atau yang lain secara keseluruhan.

Judul/Heading buku tahunan sekolah

Ini bisa muncul di bagian atas halaman dan mungkin juga untuk membagi bagian teks yang lebih panjang.

Memilih Font atau Huruf yang Tepat untuk Buku Tahunan Sekolah

Subjudul/Subheading

Ini mungkin versi yang lebih kecil dari judul/heading, atau bisa juga dengan gaya font yang sama sekali berbeda.

Paragraf pada halaman

Untuk buku tahunan berukuran A4, biasanya menggunakan font atau huruf berukuran 9 dan 14pt, jadi ini relatif kecil. Pilihlah font atau huruf yang mudah dibaca.

Bergantung pada apa yang anda tulis, anda mungkin perlu jenis font lain. Buku tahunan sekolah anda misalnya, hampir pasti akan menyertakan kutipan dari siswa, dan anda dapat mengggunakan jenis huruf miring.

Sekarang kita bisa belajar bagaimana memilih gaya untuk setiap jenis/klasifikasi font atau huruf.

Lima jenis gaya font/huruf

Tanyakan kepada desainer grafis profesional tentang pilihan font atau huruf dan mereka akan dapat menjelaskannya selama berjam-jam. Tidak perlu dikatakan lagi, sangat penting untuk menggunakan gaya font atau huruf yang tepat untuk tujuan anda.

Jika anda akan memilih font atau huruf yang sempurna untuk proyek desain dan cetak buku tahunan sekolah anda, anda perlu tahu apa saja pilihannya. Sebagian besar penggemar font/huruf (ya, ini ada) setuju bahwa ada lima jenis gaya font/huruf utama:

Font/huruf Serif (dengan kaki)

Font atau huruf serif memiliki “kaki” kecil di bagian atas dan bawah sebagian huruf besar. Ini membuat teks terlihat lebih tradisional.

Jenis Font atau Huruf Serif

Beberapa desainer grafis berpendapat bahwa kaki secara otomatis mengarahkan mata anda ke huruf berikutnya, membuatnya lebih mudah untuk dibaca. Namun, font atau huruf Serif biasanya hanya digunakan dalam cetakan, karena mereka tidak terlihat selalu bagus dengan resolusi yang lebih rendah pada layar komputer.

Beberapa font/huruf menyertakan Serif dalam namanya untuk membuatnya lebih mudah ditemukan di dalam daftar. Anda dapat menggunakan font/huruf Serif untuk hampir semua hal: judul, subjudul atau paragraf.

Font/huruf Sans Serif (Tanpa kaki)

Sans Serif adalah gaya font/huruf yang lebih modern. Tidak memiliki “kaki” sehingga terlihat bagus di layar monitor, tetapi juga tidak ada alasan untuk tidak menggunakannya dalam cetakan buku tahunan sekolah jika anda menginginkannya.

Jenis Font atau Huruf Sans Serif

Sekali lagi, beberapa font atau huruf menyertakan Sans Serif untuk membuatnya lebih mudah ditemukan di dalam daftar. Seperti halnya font/huruf Serif, anda juga dapat menggunakan Sans Serif untuk apa saja: judul, subjudul dan paragraf.

Font/huruf Kursif atau Script

Font atau huruf ini dirancang untuk meniru tulisan tangan mewah. Font ini terlihat menarik tetapi secara umum sulit dibaca. Font/huruf kursif atau tulisan tegak bersambung harus digunakan dengan hemat, seperti untuk judul atau kutipan motivasi. Jangan pernah menggunakan font atau huruf tersebut untuk paragraf karena akan membuat pembaca tidak menyukainya.

Jenis Font atau Huruf Kursif atau Tegak Bersambung

Font atau huruf Display

Tampilan font/huruf Display terliht menonjol di keramaian. Font atau huruf tersebut lebih bergaya daripada substansinya. Mereka terlihat hebat, tetapi anda tidak ingin membaca lebih dari beberapa kata saja.

Jenis Font atau Huruf Display

Font atau huruf ini dapat digunakan untuk halaman yang memiliki tema, judul utama dan apapun yang anda ingin tonjolkan. Namun, cobalah untuk tidak menggunakannya terlalu berlebihan atau akan membuat buku tahunan sekolah anda kehilangan dampaknya dan dapat membuat tulisan anda lebih sulit dibaca.

Font/huruf Wingdings

Wingdings tidak termasuk pilihan font/huruf yang digunakan di buku tahunan. Orang biasa menggunakannya sebagai emoticon, tetapi saat ini ada banyak emoji untuk melakukan hal yang sama dan lebih baik.

Poin akhir proses desain dan cetak buku tahunan sekolah

Biasanya anda ingin 2-3 gaya font/huruf yang berbeda di cetakan buku tahunan sekolah anda. Misalnya, pada halaman ini kami mengunakan tiga, satu untuk judul utama, satu untuk subjudul(diubah ukurannya) dan satu untuk paragraf (yang sedang anda baca sekarang!). Jika anda hanya menggunakan versi yang diubah ukurannya dari font yang sama, itu akan terlihat agak hambar dan mungkin sebenarnya lebih sulit untuk dibaca.

Jangan lupa bahwa sebagian besar font/huruf memiliki versi cetak tebal, miring dan bergaris bawah. Anda dapat menggunakannya untuk memberikan penekanan tetapi jangan berlebihan. Beberapa juga memiliki versi strikethrough yang sering digunakan untuk meme dan tulisan yang lucu.

Hubungi Percetakan Dimensi untuk mendapatkan layanan jasa desain dan cetak buku tahunan sekolah yang murah dan terdekat di Serpong, BSD City, Pamulang, Ciputat, Tangerang dan Tangerang Selatan. Anda dapat menghubungi kami melalui telepon dan Whatsapp atau dengan cara mengisi form order yang kami sediakan di website ini untuk melakukan pemesanan secara online.

Follow akun Instagram kami untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai produk cetak yang kami tawarkan kepada anda.