Cara meningkatkan usaha anda di tengah pandemi coronavirus COVID-19 dan tetap sehat

divide

Coronavirus COVID-19 ā€¢ April 17, 2020

Pandemi Coronavirus Covid-19

Karena terjadinya pembatasan aktivitas saat ini di hampir seluruh kota yang ada di Indonesia, bukan berarti usaha anda juga harus tutup dan hanya tinggal di rumah saja. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat meningkatkan usaha anda di tengah pandemi coronavirus COVID-19 dengan adanya PSBB atau pembatasan sosial berskala besar khususnya di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan tetap sehat.

Cetak Brosur? Klik Disini

Meningkatkan usaha di tengah pandemi coronavirus COVID-19

1. Negosiasi ulang pembayaran cicilan atau kredit usaha anda

Penjualan anda cenderung melambat pada saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di tengah pandemi coronavirus COVID-19. Ini berarti anda harus meninjau ulang pengeluaran tetap dan biaya operasional usaha anda, seperti cicilan atau kredit usaha ke bank, pembayaran sewa kantor, pembayaran tagihan ke distributor dan yang lainnya. Hapus biaya yang tidak penting untuk saat ini, lalu minta skema pembayaran yang lebih ringan atau relaksasi. Ini akan membantu mengelola arus kas usaha anda sehingga anda dapat bertahan untuk waktu yang lebih lama.

2. Manfaatkan insentif pajak

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak memberikan insentif pajak untuk mengurangi dampak ekonomi di tengah pandemi coronovirus COVID-19. Anda pemilik usaha yang merupakan wajib pajak dapat memanfaatkan hal tersebut dengan menyampaikan pemberitahuan atau permohonan secara online melalui situs web resmi www.pajak.go.id. Bagi anda karyawan dan merupakan wajib pajak yang bekerja di industri pengolahan juga mendapatkan keringanan karena pemerintah akan membayarkan pajak penghasilan (PPh) 21 yang biasanya anda bayarkan.

3. Hilangkan pengeluaran tidak penting selama pandemi coronavirus COVID-19

Karena anda telah meninjau semua biaya atau pengeluaran yang penting, anda tentu memiliki daftar pengeluaran atau biaya yang tidak penting. Ini termasuk biaya perjalanan dinas, pengadaan event dan yang lainnya. Pengeluaran untuk bisnis yang tidak penting juga diperkirakan akan berkurang secara drastis.

4. Tingkatkan kredit anda dan tambahakan ke dana cadangan

Tidak ada salahnya untuk meminta kenaikan limit kartu kredit kepada bank penyedia layanan kartu kredit. Meskipun kami tidak merekomendasikannya untuk segera dilakukan, ada baiknya jika diperlukan. Ini dapat menambah dana cadangan anda jika situasi masih belum membaik selama beberapa waktu ke depan.

5. Memanfaatkan program pada kebijakan ekonomi pemerintah

Bagi anda pemilik usaha mikro atau UMKM dapat memanfaatkan program kebijakan ekonomi yang diberikan oleh pemerintah sebagai stimulus di tengah pandemi coronavirus COVID-19. Anda dapat memanfaatkan program padat karya tunai yang disediakan oleh pemerintah untuk menjaga kelangsungan usaha anda tetap berjalan.

6. Lakukan rencana yang tepat dengan karyawan anda

Dengan lebih banyak waktu senggang di antara anda dan karyawan, anda dapat duduk bersama untuk membahas rencana yang tepat dengan memprioritaskan proyek apa yang dapat ditingkatkan di tengah pandemi coronavirus COVID-19 saat ini. Apakah ada proyek yang harus ditunda dulu? Bagaimana anda dapat membuat usaha anda menjadi lebih relevan bagi konsumen anda? Produk apa yang harus dihentikan dulu dan produk mana yang harus dijual? Libatkan mereka dalam perencanaan anda karena mereka adalah aset terbaik yang anda miliki saat ini.

7. Tetap buka untuk layanan penting

Banyak perusahaan ritel, travel, perhotelan dan yang lainnya menutup usaha mereka saat ini. Jika usaha anda dapat dilakukan tanpa tatap muka secara langsung atau tanpa mengumpulkan banyak orang dalam satu tempat secara bersamaan, anda tetap dapat membuka layanan usaha anda. Batasi jam operasi anda sesuai dengan pesanan yang anda terima.

8. Jalankan usaha secara online atau digital

Jika anda belum sepenuhnya menjalankan usaha secara online atau digital, sekaranglah saatnya untuk melakukannya. Meskipun penjualan diperkirakan akan melambat, anda masih dapat terhubung dengan pelanggan melalui situs website, media sosial, aplikasi toko online dan email. Bahkan, semua orang mungkin lebih banyak di depan komputer dan smartphone mereka saat ini karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Bekerja di rumah (WFH), sehingga ini adalah waktu yang tepat untuk membangun bisnis atau usaha online anda.

Pandemi Coronavirus Covid-19

Kami dapat membantu anda yang saat ini ingin menjalankan usaha atau bisnis secara online atau digital, karena Percetakan Dimensi memberikan layanan jasa web desain dan SEO untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan usaha anda di tengah pandemi coronavirus COVID-19 saat ini.