Bagaimana cara memilih desain dan cetak booklet

divide

Artikel Cetak & Desain Booklet • April 13, 2020

Jasa Cetak Booklet Murah dan Terdekat

Booklet adalah produk percetakan di Percetakan Dimensi yang populer digunakan untuk media promosi bagi banyak perusahaan. Memilih desain untuk cetak booklet yang tepat dan sesuai dengan produk merek anda sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan flyer atau poster, tetapi masih cukup sederhana. Kami telah menyusun panduan yang dapat membantu anda untuk memilih desain untuk cetak booklet yang tepat bagi anda.

Butuh Booklet? Klik Disini

Memilih desain untuk cetak booklet

1. Berat dan ketebalan

Tidak semua booklet dibuat untuk tujuan yang sama. Booklet yang dicetak untuk penggunaan reguler (seperti manual book, misalnya), perlu dirancang secara berbeda dari booklet yang hanya digunakan sesekali, seperti booklet promosi dan program acara.

Jasa Cetak dan Desain Booklet

Untuk sebagian besar maksud dan tujuan, berat yang lebih tebal mungkin tidak diperlukan sama sekali. Memilih tebal yang lebih sedikit akan memungkinkan lebih banyak booklet yang dicetak dengan harga yang sama. Keuntungan lain dari mencetak booklet yang lebih tipis adalah anda mungkin dapat membawanya dalam jumlah yang lebih banyak di dalam tas anda, yang dapat mempermudah anda membawanya saat bepergian ke acara konfensi, pameran dan acara bisnis yang lain dan membagikannya. Namun, booklet yang lebih tebal akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk dijadikan sebagai laporan dan presentasi serta media promosi.

2. Finishing

Apakah anda memilih finishing booklet dengan laminasi varnish, glossy atau doff, pada dasarnya tidak ada plihan yang “lebih baik”. Beberapa orang mungkin merasa booklet yang mengkilap dengan laminasi glossy dapat membuatnya terlihat lebih mewah dan berkelas, sementara yang lain mungkin merasakan hal yang sama jika menggunakan laminasi doff. Apapun pilihan anda, finishing yang anda pilih haruslah yang paling sesuai dengan merek produk dan desain untuk cetak booklet anda.

3. Desain booklet full color atau hitam putih

Pilihan cetak full color atau hitam putih untuk halaman dalam booklet anda haruslah disesuaikan dengan anggaran dan desain. Cetak booklet hitam putih harganya mungkin lebih murah, tetapi juga cenderung membuat tampilan gambar menjadi kurang menarik. Cetak booklet full color harganya mungkin sedikit lebih mahal, tetapi dapat membuat anda menyalurkan kreatifitas yang lebih baik dalam hal teks dan desain visual booklet anda.

4. Ukuran cetak booklet

Ukuran cetak booklet perlu dipilih sesuai dengan tujuan dan fungsinya. Hal-hal seperti program acara biasanya dicetak dalam ukuran yang lebih kecil, sedangkan booklet yang berisi panduan atau instruksi cenderung jauh lebih besar.

Ukuran cetak booklet yang lebih kecil cenderung lebih portabel. Sekarang ini, ukuran tampaknya bukan masalah besar, tetapi dalam situasi tertentu, ukuran cetak booklet yang lebih kecil berfungsi lebih baik. Booklet yang dimaksudkan untuk selebaran misalnya, mungkin berfungsi lebih baik dalam ukuran yang lebih kecil, sehingga tidak akan terlalu repot untuk dibawa.

Namun ukuran yang lebih besar, memungkinkan lebih banyak variasi visual. Untuk menggunakan jenis produk percetakan lainnya sebagai contoh, sampul album rekaman vinyl cenderung memiliki lebih banyak dampak visual dibandingkan CD atau sampul kaset. Namun, anda akan dapat mencetak lebih sedikit booklet dengan ukuran yang lebih besar.

5. Jilid booklet

Jilid staples dan kawat merupakan pilihan yang hemat biaya namun tahan lama untuk menjilid booklet anda. Perbedaan harga antara jilid staples dan kawat bisa dikatakan sangat tipis. Namun jilid staples membuat booklet tampak lebih rapi, sementara jilid kawat memungkinkan halaman booklet dapat dilepas dengan lebih mudah.

6. Periksa desain untuk cetak booklet

Terlepas dari desain dan dimana anda mencetaknya, hal terbaik yang harus anda lakukan adalah dengan memeriksa desain untuk booklet anda secara manual sebelum dicetak. Dibandingkan dengan produk percetakan lainnya, proses cetak booklet sedikit lebih rumit karena anda harus mensejajarkan halaman dan kontennya dengan benar untuk hasil akhir yang terlihat lebih baik.

Pemeriksaan dapat dilakukan secara otomatis, tetapi pemeriksaan manual masih lebih baik untuk membantu menghindari kesalahan. Hal ini membantu memastikan gambar ditempatkan dengan benar pada setiap halaman dan menghindari terjadinya kesalahan pada saat dipotong.

Booklet membutuhkan investasi yang cukup besar bagi kebanyakan orang, jadi masuk akal untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk memastikan bahwa desain booklet anda sesuai dengan keinginan anda. Luangkan semua waktu yang anda butuhkan dan sesuaikan desain untuk cetak booklet anda dengan apa yang ingin anda capai agar hasilnya lebih baik dan efektif.

7. Jumlah

Mencetak booklet dalam jumlah yang banyak membutuhkan biaya yang lebih besar daripada anda mencetaknya dalam jumlah lebih sedikit dan sesuai dengan kebutuhan. Mencetak booklet dalam jumlah banyak adalah pilihan yang tepat jika anda ingin membagikannya di acara-acara bisnis seperti pameran, konfrensi dan launching produk karena dapat menghemat harga cetak. Yang terpenting adalah memahami untuk apa anda membutuhkan booklet sebelum melakukan pemesanan untuk mendapatkan harga cetak yang murah dan terjangkau.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi desain untuk cetak booklet

1. Resolusi

Karena booklet diletakkan diatas tangan pada saat dibaca, gambar berkualitas rendah apapun akan mudah dilihat. Untuk alasan ini, kami merekomendasikan untuk menggunakan resolusi gambar 300 DPI atau lebih. Ini sangat penting untuk teks dan gambar. Ini akan memungkinkan gambar dicetak dengan hasil yang sangat baik dan tidak buram.

2. Mudah dibaca

Booklet tentu saja dicetak dengan tujuan untuk dibaca. Pastikan untuk menggunakan gambar dan warna latar belakang yang sesuai dan kontras dengan teks anda. Penting untuk menggunakan hanya satu atau dua warna agar teks dan gambar tetap serasi.

Font serif seperti Georgia, Palatino dan Times New Roman cenderung lebih nyaman untuk dibaca dengan ukuran kecil. Font Sans Serif seperti Arial dan Helvetica cenderung terlihat lebih baik digunakan sebagai header.

Produk percetakan lainnya

Terkadang, booklet bukanlah yang anda butuhkan. Dalam beberapa hal, flyer, selebaran dan brosur mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan anda. Mungkin anda mengalami kebingungan untuk memilih produk percetakan yang akan anda pilih untuk dijadikan sebagai media promosi produk anda. Hubungi kami melalui telepon dan Whatsapp atau dengan mengisi form order yang kami sediakan di website ini untuk mendapatkan informasi mengenai produk percetakan yang dapat dijadikan sebagai media promosi seperti booklet, flyer, pamflet, brosur, dll.

Follow akun Instagram kami untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai produk cetak yang kami tawarkan kepada anda.