Apakah label stiker tahan air?

divide

Artikel Cetak Label Stiker • April 13, 2020

Cetak dan Desain Label Stiker Tahan Air

Jadi…apakah label stiker tahan air? Tergantung. Lebih tepatnya tergantung pada bahan yang digunakan untuk membuat stiker. Bahan stiker yang dibuat dari kertas misalnya, umumnya tidak tahan air, meskipun dapat dibuat tahan air dengan menambahkan laminasi plastik.

Spot UV pada dapat membuat label sticker menjadi tahan air pada sisi yang diterapkan. Stiker yang menggunakan lem yang larut dalam air juga tidak dapat dianggap tahan air. Demikian juga stiker yang menggunakan tinta atau pigmen yang larut dalam air tidak dapat dianggap tahan air.

Untuk membuat label stiker tahan air dalam arti sebenarnya, bahan, perekat dan tinta yang digunakan harus mampu bertahan dalam waktu yang lama. Vinyl adalah bahan yang paling umum untuk membuat stiker tahan air. Label sticker yang terbuat dari vinyl biasanya juga menggunakan perekat tahan air. Printer atau mesin cetak profesional biasanya akan menggunakan tinta tahan air yang sesuai dengan bahan tersebut. Tetapi mengingat banyaknya bahan dan mesin yang digunakan untuk mencetak stiker, tidak mungkin untuk memastikan apakah stiker itu tahan air sampai dilakukan pengujian.

Cara termudah untuk mengetahui label stiker yang tahan air adalah dengan memesan contoh stiker tersebut. Banyak perusahaan percetakan online, termasuk Percetakan Dimensi yang menyediakan contoh stiker yang dapat diuji apakah tahan air atau tidak.

Butuh Label Sticker? Klik Disini

Label stiker tahan air vs kedap air

Label stiker tahan air akan tetap berfungsi bahkan ketika terendam air, setidaknya selama beberapa tahun. Stiker kedap air akan mengalami degradasi atau pudar dalam waktu yang singkat atau tidak pasti tergantung pada bahannya. Sangat penting untuk memahami bahwa “tahan air” benar-benar dapat bertahan di dalam air, dan “kedap air” sebagai kualitas yang dapat diukur pada skala.

Cetak dan Desain Label Stiker Tahan Air

Banyak bahan yang dapat digunakan untuk membuat label stiker, termasuk beberapa jenis kertas yang menawarkan kedap air yang signifikan. Untuk menyempurnakannya, seperti yang disebutkan sebelumnya, anda dapat menambahkan laminasi. Apapun itu, stiker kedap air akhirnya akan menyerah pada kelembababan, yang membuatnya tidak cocok untuk penggunaan di area yang sering terkena air atau di luar ruangan.

Penggunaan label stiker tahan air

Stiker tahan air dapat digunakan untuk berbagai jenis penggunaan. Menggunakan stiker yang kedap air dalam penggunaan dibawah ini bukanlah ide yang bagus.

  • Penggunaan di luar ruangan. Stiker yang dimaksudkan untuk penggunaan luar ruangan sangatlah luas, seperti pada permukaan luar jendela, harus dibuat dari bahan tahan air. Ini akan memastikan kinerja yang baik dalam kondisi cuaca yang berbeda.
  • Mobil dan kendaraan lain. Demikian pula, stiker tahan air adalah pilihan terbaik untuk kendaraan seperti mobil, angkutan umum, mesin konstruksi, truk pengiriman, trailer dan kendaraan lainnya. Stiker tahan air akan lebih murah jika dibandingkan dengan stiker biasa.
  • Perahu dan kapal laut. Stiker untuk perahu dan kapal laut juga harus tahan air karena alasan yang jelas. Ini juga berlaku untuk stiker di dalam kapal. Bahkan jika stiker tidak terendam air, mereka akan terus menerus terkena kabut dan percikan air.
  • Lingkungan dengan kelembaban tinggi. Apakah itu digunakan di kamar mandi, dapur dan ruang bawah tanah dengan kelembaban tinggi, penggunaan stiker tahan air merupakan keharusan agar dapat bertahan lama.
  • Label stiker produk kemasan makanan, minuman, produk kesehatan dan kecantikan. Stiker tahan air sangat cocok untuk digunakan sebagai label produk kemasan makanan, minuman, produk kesehatan, hand sanitizer dan produk kecantikan. Stiker biasa dapat dengan mudah rusak dan dapat membuat produk anda tidak layak untuk dijual.

Kesimpulan

Tidak semua label stiker tahan air. Untuk membuat stiker tahan air, anda membutuhkan kombinasi jenis kertas, perekat dan tinta yang tepat. Penting juga untuk mengetahui apa stiker yang benar-benar tahan air dan dapat anda gunakan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat stiker dapat memberi anda informasi apakah stiker itu tahan air atau kedap air.

Jika saat ini anda sedang mencari dan membutuhkan label stiker yang tahan air seperti vinyl maupun stiker dengan laminasi, anda sudah berada di tempat yang tepat. Hubungi kami melalui nomor telepon dan Whatsapp atau dengan cara mengisi form order yang kami sediakan di website ini untuk melakukan pemesanan secara online dan mendapatkan penawaran harga.

Follow akun Instagram kami untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai produk cetak yang kami tawarkan kepada anda.