Panduan desain dan cetak spanduk kain, banner umbul-umbul dan bendera

divide

Artikel Cetak & Desain Spanduk • April 13, 2020

Panduan Desain dan Cetak Spanduk Kain, Banner, Umbul umbul dan Bendera

Spanduk kain, banner, umbul-umbul, bendera dan produk percetakan format besar lainnya adalah beberapa produk kami yang paling populer. Kami telah melihatnya digunakan dalam berbagai situasi, mulai dari pengumuman acara, iklan pameran dagang, menampilkan merek produk dan layanan usaha serta yang lainnya. Cetak spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera cukup tahan lama dan dapat digunakan untuk keperluan luar ruangan selama berbulan-bulan dan tidak memudar.

Cetak spanduk kain, banner, umbul-umbul adalah investasi yang cukup besar untuk promosi produk dan layanan usaha anda, jadi dapat dimengerti mengapa anda mungkin hanya ingin mencetaknya beberapa buah saja. Ini berarti anda harus membuat desain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda sebelum mencetaknya.

Panduan desain dan cetak spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera di bawah ini akan menunjukkan kepada anda poin-poin penting untuk diperhatikan sebelum mencetaknya.

Butuh Spanduk?Klik Disini

Panduan desain dan cetak spanduk kain

1. Gambar

Mesin cetak di Percetakan Dimensi mampu menghasilkan cetakan foto dan gambar yang berkualitas, tetapi kualitas cetakan itu juga tergantung pada kualitas gambar dan foto yang anda kirim.

Anda ingin resolusi gambar yang anda miliki sesuai dengan ukuran cetak spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera anda untuk mendapatkan kontras yang lebih tajam dan tidak buram.

2. Font atau jenis huruf

Gunakan font atau jenis huruf yang mudah dibaca saat anda merancang desain dan cetak spanduk kain, banner, umbul umbul dan bendera. Anda harus menghindari penggunaan font atau jenis huruf yang baru agar pembaca tidak bingung. Cobalah untuk menghindari menggunakan lebih dari dua font yang berbeda dan cobalah untuk tetap menggunakan hanya satu jenis font agar lebih praktis. Sekali lagi, pastikan warna teks cukup kontras dengan latar belakang (background).

Setiap font juga memiliki “karakter” yang melekat padanya, jadi cobalah untuk menggunakan yang sesuai dengan pesan anda.

3. Area atau ruang

Hal ini sangat penting bagi anda yang berencana untuk merancang desain dan cetak spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera. Area atau ruang yang berantakan membuat gambar dan teks lebih sulit untuk dilihat dan dibaca.

4. Kontras warna

Jika ada sesuatu di spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera anda yang ingin terlihat lebih menonjol, seperti tagline atau logo – warna yang digunakan tidak boleh terlihat menyatu dengan warna latar belakang. Ingatlah ini saat anda membuat desain spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera. Anda harus membuat warna pada elemen-elemen tersebut kontras dengan latar belakang agar terlihat serasi dan menarik.

5. Ukuran desain dan cetak spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera

Ukuran harus mencerminkan bagaimana anda ingin menggunakan spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera anda. Spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera dengan ukuran yang lebih kecil berfungsi dengan baik ketika anda ingin menarik audiens anda lebih dekat, seperti dalam acara pribadi dan pertemuan sosial.

Digital Printing

Spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera dengan ukuran lebih besar berfungsi lebih baik jika audiens anda berada pada jarak yang cukup jauh. Jika anda ragu, lebih aman untuk membuat kesalahan dengan spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera yang berukuran lebih besar, karena masih dapat dilihat dari jarak dekat, dimana yang berukuran lebih kecil mungkin tidak berguna ketika audiens anda terlalu jauh.

6. Pengaturan warna CMYK

Layar monitor anda biasanya akan menampilkan gambar dalam format RGB (Merah Hijau Biru) sementara sebagian besar mesin cetak menggunakan CMYK (Cyan, Magenta, Yello dan Key color Black) untuk mereproduksi warna yang sama. Anda harus membuat file desain yang dikalibrasi untuk CMYK untuk mendapatkan warna yang sesuai.

Untungnya, hampir semua software atau aplikasi desain seperti Adobe InDesign, Illustrator dan Photoshop memungkinkan anda unguk melakukan ini. Jangan menggunakan aplikasi seperti word atau excel untuk merancang desain spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera anda. Hal ini untuk memastikan warna yang sesuai pada saat dicetak.

7. Kalibrasi monitor

Bagian ini sering diabaikan, bahkan oleh desainer grafis. Layar monitor anda akan menampilkan warna dengan cara yang berbeda dengan hasil cetakan.

Misalnya, gambar mungkin terlihat merah pada monitor yang tidak dikalibrasi, tetapi berwarna merah muda atau oranye saat dicetak. Anda dapat mencari informasi melalui internet bagaimana cara melakukan kalibrasi layar monitor anda.

8. Konteks desain dan cetak spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera

Dimana anda akan menggunakan spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera tersebut? Seberapa jauh jaraknya dari target audiens anda? Spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera untuk acara pameran dagang perlu dirancang secara berbeda dari yang digantung di depan toko anda agar lebih menarik perhatian.

Menyalin atau meniru elemen desain dari spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera lain tanpa memahami apa yang mereka gunakan dapat menghasilkan desain yang tidak sesuai dengan kebutuhan anda.

Panduan praktis

Jika anda tidak memasukkan foto atau gambar dalam desain spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera, atau hanya perlu mencetak desain sederhana, vektor sangat disarankan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan anda.

Jika anda memerlukan desain yang disertakan foto dan elemen lainnya, format gambar dengan resolusi 300 DPI atau lebih sangat disarankan. Jika anda ingin memasukkan foto atau gambar ke dalam desain spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera, pastikan itu dibuat pada resolusi setinggi mungkin untuk menghindari hasil cetakan yang kabur dan buram.

Spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera yang dicetak agar dapat dilihat dari jarak jauh akan lebih baik jika menampilkan gambar dengan resolusi yang tinggi. Memperbesar gambar atau foto apapun dengan resolusi rendah akan membuat hasil cetakannya menjadi kabur atau buram yang akan terlihat ketika dilihat dari dekat.

Pedoman resolusi foto atau gambar:

  • 72 DPI – buruk
  • 100 DPI – cukup baik
  • 150 DPI – Bagus (rekomendasi minimum)
  • 200 DPI – luar biasa

Namun, jika spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera dicetak agar terlihat dari jarak yang lebih jauh:

  • 150 DPI – buruk hingga cukup
  • 200 DPI – cukup baik
  • 300 DPI – Bagus hingga sangat baik (rekomendasi minimum)
  • 400 DPI – luar biasa

Harap dicatat bahwa lebih baik untuk mencetak foto dan gambar berkualitas pada spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera. Anda juga dapat memilih untuk menggunakan hanya beberapa warna dan latar belakang yang kontras, dan sangat disarankan desain spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera sebaiknya menggunakan vektor untuk hasil yang terbaik.

Percetakan Dimensi menerima jasa desain, pembuatan dan cetak spanduk kain, banner, umbul-umbul dan bendera dengan harga murah bagi anda yang berada di Serpong, BSD City, Pamulang, Ciputat, Tangerang dan Tangerang Selatan. Hubungi kami melalui telepon dan Whatsapp atau anda juga dapat mengisi form order yang kami sediakan di website ini untuk melakukan pemesanan secara online dan mendapatkan penawaran harga.

Follow akun Instagram kami untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai produk cetak yang kami tawarkan kepada anda.