7 Tips untuk merancang desain label produk

divide

Artikel Cetak Label Produk • April 20, 2020

Desain, Cetak dan Pembuatan Label Produk

Produk anda mungkin sangat bermanfaat bagi pelanggan atau konsumen anda. Tetapi itu tidak cukup untuk menjual produk di pasar yang semakin kompetitif. Anda harus melakukan sesuatu yang ekstra untuk memikat konsumen. Semetara merencanakan strategi pemasaran yang efektif harus ada dalam daftar prioritas anda, hal pertama yang perlu diingat adalah label produk anda harus dibuat oleh seorang desainer grafis profesional. Ada banyak alasan mengapa desain label produk sangat penting untuk pertumbuhan bisnis atau usaha anda.

“Label produk yang dirancang dengan baik dapat membantu menarik perhatian konsumen potensial. Tetapi lebih dari itu, label yang dibuat dengan strategi yang tepat akan meningkatkan citra merek (branding) produk. Label seperti itu berkontribusi pada upaya perusahaan dalam membangun identitas merek yang dapat dipercaya.”

Pengertian label produk

Label produk adalah setiap informasi atau keterangan yang ditempatkan pada kemasan produk untuk mengidentifikasinya. Informasi yang ditulis secara langsung pada suatu produk juga dapat dianggap sebagai label. Label product tidak hanya berisi informasi tentang produk tersebut, tetapi juga dapat mencakup informasi lain seperti bahan, jumlah isi, cara penggunaan, tanggal produksi, tanggal kadaluarsa, dll.

Salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan oleh label produk yang luar biasa adalah membantu produk anda terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan pesaing anda. Membedakan produk dan perusahaan anda dari pesaing sangat penting untuk menciptakan identitas merek yang memiliki ciri khas dan unik. Alasan lain mengapa anda harus membuat label yang bagus adalah karena dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli saat berbelanja. Ada banyak produk yang berjejer di rak toko atau supermarket. Label akan menarik perhatian konsumen potensial secara instan ke produk anda jika desainnya unik dan menarik. Bahkan konsumen yang ragu-ragu juga dapat berpikir untuk membeli produk anda karena label yang mudah diingat.

Desain, Cetak dan Pembuatan Label Produk

Banyak survey yang menyoroti pentingnya label product dari sudut pandang konsumen. Menurut sebuah studi, 70% konsumen membuat keputusan pembelian tepat pada saat berada di toko. Ini menunjukkan bahwa konsumen suka dengan tampilan merek produk yang dipajang di rak toko. Tetapi yang paling mengejutkan adalah survei ini mengungkapkan bahwa 1 dari 10 pembeli mengganti merek saat berada di dalam toko. Ini berarti bahwa kesuksesan merek anda sangat tergantung pada cara anda mempresentasikan produk anda di dalam rak toko.

Butuh Label Produk? Klik Disini

Inilah 7 tips untuk merancang desain label produk

1. Dapat dibaca dengan mudah

Label produk biasanya menampilkan informasi seperti nama produk, jumlah isi dan logo merek jika produk tersebut diproduksi oleh perusahaan. Atau kadang-kadang bisa berupa deskripsi pendeg atau tag-line. Informasi lebih panjang ditulis di sisi lain yang berisi instruksi tentang cara menggunakan, bahan, dll.

Ini membawa kita pada poin pertama, mudah dibaca. Saat merancang desain label, pastikan teksnya terbaca dengan mudah dan jelas. Ukuran font atau huruf harus sesuai sehingga orang dapat membaca label dari jarak yang baik dengan jelas. Idealnya font atau huruf pada tulisan harus berukuran 6 keatas. Untuk informasi relevan lainnya, font dengan ukuran 10 ke atas dapat digunakan.

Agar dapat dibaca dengan lebih mudah, warna font atau huruf harus kontras dengan warna latar belakang. Namun usakan untuk tidak menjadikannya kombinasi warna yang tidak konvensional. Jadi pilih warna font yang nilai dan intensitasnya kontras dan serasi. Mengikuti psikologi konsumen, warna cerah adalah pilihan yang lebih bijaksana karena memberi rasa percaya diri. Juga, corak warna harus selaras dengan gaya visual merek yang ada.

2. Tipografi yang sesuai

Karena label product biasanya memiliki sedikit ruang untuk gambar dan konten, desainer membuat visual yang sejajar dengan tipografi yang sesuai. Konsumen dapat dengan mudah mengenali informasi dengan bantuan kontras. Anda disarankan untuk menggunakan font yang sama jika anda kebutuhan untuk kontinuitas antar informasi.

Tujuan utama pemasangan tipografi adalah untuk menampilkan hubungan antara informasi dan pilihan jenis yang berbeda. Juga untuk membuat desain memiliki efek dan dampak yang lebih positif, gunakan font yang mencerminkan sifat produk. Misalnya, dalam label produk untuk makanan pizza, anda dapat menggunakan font yang mencerminkan kelezatan. Pastikan bahwa jenis huruf yang digunakan bukanlah kursif atau huruf tegak bersambung agar mudah dibaca.

Hal lain yang perlu diingat ketika memilih jenis huruf atau font adalah konsistensi merek. Konsumen anda mendapatkan banyak materi pemasaran seperti logo, brosur, kartu nama, dll. Jenis huruf yang anda pilih harus sama dengan yang sudah ada dalam desain logo dan desain grafis lainnya.

3. Tekankan pada area warna putih

Area warna putih adalah area desain yang belum digunakan oleh desainer untuk gambar, teks atau ilustrasi lainnya. Dengan kata lain, itu adalah warna latar belakang desain. Area warna putih adalah elemen penting dalam merancang desain label product. Area warna putih membantu memisahkan potongan informasi yang berbeda sehingga konsumen dapat membaca detail dengan mudah. Ini juga dapat digunakan untuk membuat perbedaan secara visual.

Area warna putih memberikan tampilan minimalis pada desain label produk. Ini memberi tampilan yang lebih mewah untuk desain. Ini menunjukkan ketenangan produk. Ini adalah alasan bahwa area warna putih adalah elemen utama dalam membuat label untuk produk bayi, kosmetik, hand sanitizer, kecantikan dan produk lainnya. Konsumen juga dapat tertarik pada label product yang kuat yang memiliki konten yang jelas dan logo sederhana. Ini mencerminkan keramahan dalam penggunaan produk dan mengkomunikasikan rasa kesederhanaan.

4. Ilustrasi

Beberapa label product memerlukan elemen ilustrasi dan desain grafis. Ini digunakan ketika anda harus berbicara tentang produk secara lebih visual. Perusahaan percetakan yang memberikan layanan jasa desain dapat membantu anda menjelaskannya. Misalnya, label produk makanan seperti jeli atau jus buah memiliki kombinasi warna yang berbeda dan gambar ilustrasi rasa buah. Desain yang sederhana tidak akan bekerja dengan baik. Ilustrasi dengan warna abstrak terkadang menjadi pilihan yang baik untuk label tersebut.

5. Pertahankan keaslian (orisinalitas) pada label produk

Pastikan desain label produk anda terlihat unik, menarik, berkesan dan asli. Teliti label pesaing anda. Dapatkan desain yang menonjol. Desain yang jelek, membosankan dan meniru dapat memberikan kegagalan pada promosi produk anda. Ini juga akan membuat konsumen anda kebingungan sehingga mereka akan berpikir ulang untuk membeli produk anda.

Jangan menaruh apapun pada desain yang tidak terkait dengan produk hanya demi membuat desain terlihat lebih baik. Barcode adalah elemen penting yang harus ditampilkan dengan jelas dalam desain label product. Ini membantu untuk menciptakan rasa keaslian, yang sebaliknya juga membantu dalam berurusan dengan legalitas. Berikan informasi kontak perusahaan dengan cara yang efektif untuk mendorong komunikasi dengan konsumen. Integritas adalah hal yang sangat pentin!

6. Pertimbangkan ukuran label produk

Desain sangat bergantung pada ukuran label produk anda. Konsumen anda mungkin meminta agar label ditempatkan pada bagian depan dan belakang. Atau mungkin hanya pada bagian depan.

Sebagian besar label product hanya menampilkan logo dan nama merek pada bagian depan. Sisa informasi ditampilkan pada bagian belakang. Namun, banyak desainer percaya bahwa satu label yang “tersambung” lebih hemat biaya. Ini juga memberikan panel desain yang lebih menarik dan membantu membangun identitas merek (branding).

7. Fokus pada kualitas cetak

Ini adalah pertimbangan terakhir tetapi jelas juga hal yang penting untuk dipertimbangkan, dapatkan cetakan label yang bagus dan berkualitas tinggi. Coba dan tingkatkan kehadiran visual produk dengan bahan yang berkualitas untuk memastikan kesan pertama yang baik. Jadi apakah anda akan membuat label produk dengan tampilan glossy yang mengkilap, doff atau varnish, mintalah perusahaan percetakan untuk membuatnya.

Pertimbangkan tips-tips penting ini ketika anda berencana utuk membuat label product yang mudah diingat. Tapi anda tidak perlu menyewa desainer mahal untuk melakukan pekerjaan itu. Bisnis kecil atau startup anda dapat dengan mudah mendapatkan label yang unik. Yang perlu anda lakukan adalah menghubungi kami melalui nomor telepon dan Whatsapp atau mengisi form order yang kami sediakan di website ini untuk melakukan pemesanan secara online.

Kami akan dengan segera merespon anda. Kami akan memberikan ide-ide desain grafis yang unik dan menarik untuk label product anda. Kemudian anda dapat memilih desain yang layak untuk anda. Harga jasa desain dan cetak label produk yang kami tawarkan sepenuhnya terjangkau.

Kesimpulan

“Label produk dapat membantu membangun identitas merek (branding) yang bagus untuk usaha anda. Namun label harus dapat dibaca dengan mudah dan terlihat unik dan menarik. Gunakan area warna putih untuk membuat tampilan yang enak dipandang mata dan memberikan kesan yang mendalam bagi konsumen anda”.

Percetakan Dimensi adalah salah satu perusahaan percetakan terdekat di Tangerang Selatan yang memiliki spesialisasi dalam bidang desain grafis dan layanan percetakan. Kami siap membantu anda yang saat ini sedang mencari dan membutuhkan layanan jasa desain dan cetak label produk untuk perusahaan anda yang terdekat di Serpong, BSD City, Tangerang dan Tangerang Selatan. Anda juga dapat melakukan pemesanan jasa desain dan cetak label produk secara online dengan mengisi form order disini.

Follow akun Instagram kami untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai produk cetak yang kami tawarkan kepada anda.