10 Tips merancang desain dan cetak kartu ucapan Lebaran

Artikel Cetak dan Desain Kartu Ucapan • April 28, 2020

10 Tips merancang desain dan cetak kartu ucapan Lebaran

Mengirim kartu ucapan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran adalah tradisi yang telah berlangsung sejak lama baik itu secara pribadi maupun kalangan bisnis. Kartu ucapan dapat membantu anda untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman, sahabat, mitra bisnis, konsumen dan pelanggan anda. Tetapi anda mungkin ingin membeli kartu ucapan yang telah jadi dan menuliskan pesan anda. Kartu ucapan Lebaran yang dirancang khusus untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis anda dapat menambah sentuhan pribadi dan kehangatan yang tidak dapat diberikan oleh kartu yang dibeli di toko.

Banyak kartu ucapan yang dilupakan begitu saja segera setelah diterima. Tetapi kartu ucapan Lebaran yang unik dan didesain secara khusus akan meninggalkan kesan yang mendalam dan diingat untuk jangka waktu yang lama.

Merancang desain kartu ucapan Lebaran bisa menjadi hal yang menyenangkan, terutama pada kondisi saat ini dimana aturan pemerintah yang mengharuskan setiap orang melakukan social distancing atau pembatasan sosial karena adanya pandemi coronavirus COVID-19. Tetapi kartu ucapan Lebaran tersebut harus dirancang berbeda tergantung pada bagaimana anda ingin menggunakannya. Meskipun ada banyak kesamaan, kartu ucapan pribadi membutuhkan pendekatan yang berbeda dari kartu yang digunakan oleh kalangan bisnis. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda jadikan pertimbangan saat merancang desain dan cetak kartu ucapan Lebaran untuk pribadi dan bisnis anda.

Cetak Kartu Ucapan? Klik Disini

Merancang desain dan cetak kartu ucapan Lebaran

1. Rancang desain kartu ucapan Lebaran sejak jauh-jauh hari

Anda sebenarnya tidak perlu banyak waktu untuk merancang desain kartu ucapan Lebaran anda sendiri. Namun, tentu menjadi hal yang bijaksana untuk memulai lebih awal. Ini akan memberi anda kesempatan untuk merancang beberapa versi desain yang dapat kirimkan untuk orang-orang yang berbeda.

2. Penerima kartu ucapan

Saat merancang desain kartu Lebaran, anda harus mengetahui dengan jelas siapa yang nantinya akan menerima kartu ucapan tersebut. Desain kartu ucapan untuk keluarga dan teman tentu harus berbeda dengan rekan bisnis atau konsumen perusahaan anda.

3. Berikan ruang untuk menulis

Hindari untuk menampilkan gambar dan tulisan yang berlebihan di kartu ucapan sehingga membuat tampilannya terlihat “penuh” sehingga membuat penerima akan malas untuk membacanya. Meskipun anda bebas untuk mencetak kartu ucapan Lebaran anda sendiri dengan desain dan layout apapun yang anda inginkan, pertimbangkan untuk menyediakan ruang yang cukup untuk menuliskan pesan dengan tulisan tangan.

4. Menyampaikan pesan dengan jelas

Rancang desain kartu ucapan Lebaran yang mudah dimengerti oleh penerimanya. Jika anda merasa pesan yang anda sampaikan kurang jelas, pertimbangkan untuk mendesain ulang. Anda harus merancang desain kartu yang memberikan kesan mendalam bagi orang yang menerimanya pertama kali sehingga mereka tertarik untuk memajangnya.

5. Layout kartu ucapan landscape atau portrait

Layout kartu ucapan Lebaran portrait atau vertikal memiliki tampilan konvensional dan cenderung lebih hemat ruang. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda jika menginginkan proporsi kartu ucapan yang lebih seimbang secara visual. Sebagian besar kartu ucapan yang ditampilkan di rak toko adalah kartu ucapan portrait.

10 Tips merancang desain dan cetak kartu ucapan Lebaran

Tetapi jika kartu ucapan Lebaran anda dikirim melalui pos atau diberikan secara langsung, desain layout landscape (horizontal) mungkin dapat menjadi pilihan bagi anda.

6. Merancang beberapa versi desain kartu ucapan

Anda dapat merancang beberapa versi desain kartu ucapan Lebaran sebelum dicetak. Pastikan semua desain mengikuti tema yang sama, tetapi tidak terlalu mirip. Ini akan membuat anda untuk menggali lebih dalam tentang apa yang anda ketahui mengenai keluarga, teman dan rekan bisnis anda yang dapat membantu anda mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang mereka.

7. Jadilah sensitif saat menggambarkan orang

Konteks ilustrasi anda penting, karena kadang-kadang ilustrasi yang bermaksud baik bisa salah ditafsirkan. Jika anda perlu mengilustrasikan seseorang, pastikan bahwa penerimanya akan memahami pesan apa yang anda sampaikan.

8. Coba template kartu ucapan

Merancang desain kartu ucapan Lebaran bisa lebih mudah dari yang anda harapkan. Ini bahkan bisa mejadi lebih mudah lagi jika anda menggunakan template kartu ucapan. Menggunakan template saat merancang desain kartu Lebaran anda dapat membantu mengetahui tata letak dan format mana yang cocok untuk kebutuhan anda. Template memudahkan anda untuk menentukan bleed, menempatkan gambar secara tepat dan memberikan tampilan profesional saat akan dicetak.

9. Gunakan gambar yang berhubungan dengan Lebaran

Saat anda merancang kartu ucapan Lebaran, anda dapat menggunakan gambar yang berhubungan dengan momen Lebaran seperti gambar Masjid, ketupat, bedug dan yang lainnya. Hal ini akan membuat nuansa kartu ucapan anda lebih “ngena” dengan momen yang sedang dirayakan.

10. Minta feedback atau umpan balik

Tanyakan pendapat keluarga, teman atau rekan kerja anda tentang kartu ucapan Lebaran anda. Tanpa memberi tahu mereka untuk apa kartunya, tanyakan pendapat mereka. Jika mereka tidak langsung “mengerti”, anda mungkin harus merancang ulang desain kartu anda.

Apakah saat ini anda sedang membutuhkan desain dan ingin mencetak kartu ucapan Lebaran? Anda berada di tempat yang tepat. Percetakan Dimensi memberikan layanan jasa desain dan cetak kartu ucapan Lebaran dengan harga murah dan terdekat bagi anda yang berada di Serpong, BSD City, Pamulang, Ciputat, Tangerang dan Tangerang Selatan. Hubungi kami melalui nomor telepon dan Whatsapp atau dengan cara mengisi form order yang kami sediakan di website ini untuk melakukan pemesanan secara online.