Sejarah Corrugated Paper

July 31, 2014  |   Posted by :   |   Artikel   |   2 Comments»

Corrugated Paper and Tren Kemasan Karton Box, Sejak zaman primitif manusia telah menggunakan batu, tulang dan dedaunan untuk menyampaikan pesan tertulis. Tetapi media tersebut sulut untuk di simpan dan di angkut. Pada sekitar 2.200 sm, orang mesin kuno menemukan sejenis bulu yang di sebut Papyrus ( lontar) yang ternyata dapat di gunakan untuk media tulis yang lebih stabil dan dapat diandalkan. Meskipun penggunaan papyrus menyebar jauh di luar mesir, kulit binatang juga masih banyak digunkan sebagai media untuk menyampaikan pesan tertulis. kulit sapi, Kambing dan domba di cuci dan di rentangkan pada bingkai dan di lapisi dengan kapur bentuk pasta yang membantu menghilangakan lemak dan bulu. Sesudah kering, permukaan di haluskan dengan menggosok memakai batu. Bahan yang sudah siap di sebut perkamen dan digunakan secara luas di seluruh eropasejak 170 sm. Perkamen yang berkualitas tinggi sangat langkah sehingga harus di perlakukan secara halus dan sering di gunakan lebih dari sekali.

Media tulis awal ini memainkan peranan yang sangat penting dalam perkembangan kebudayaan manusia tetapi memang kurang praktis. Hal ini berubah sejak Tsai Lun pada tahun 250 sm memulai percobaannya dan memperkenalkan kertas ke dunia. Pada abad ke dua, pembuat kertas di cina menaruh potongan potongan kulit kayu bagian dalam dari pohon mulberry pada suatu tempat yang kuat, sering juga berupa batu yang berlubang dan di campur dengan air. Dengan menggunakan palu dan alat pemukul lain, potongan kayu tersebut di tumbuk sehingga menjadi bubur berserat yang dalam istilah sekarang di sebut sebagai ” pulp” Plup tersebut kemudian di tuangkan ke dalam cetakan yang dangkal yang sebelumnya di lapisi dengan kain berbentuk dengan saringan. Kemudian cetakan ini di jemur di bawah sinar metahari dan ketika air telah menguap, maka hanya serat selulose yang tinggal dalam cetakan. selanjutnya kertas diangkat dalam cetakan tersebut. ini adalah bentuk primitif dari kertas.

Pada abad ke 13, Teknologi pembuatan kertas telah merambah Ke spanyol, tetapi masih membutuhkan 300 tahun lagi baru teknology tersebut menyebar ke parncis, jeraman, Itali dan inggris, dimana tercatat pabrik kertas di inggris yang pertama kali di bangun di Hertfordshire pada tahun 1490. Di negara-negara Eropa, saringan kawat yang halus menggantikan fungsi kain saringan dan serat linen menggantikan kulit kayu Mulberry yang sangat sulit di perolah di daratan eropa. Masalh yang di hadapi dalam pembuatan kertas secara manual ialah produktivitasnya yang sangat rendah dan memakan waktu yang lama. Pada abad pertengahan, semua buku di copy dengan tangan, kebanyakan di lakukan di atas perkamen dan dilakukan oleh pemuka agama yang mempunyai kemampuanbaca tulis di atas rakyat biasa. Mesin cetak yang diciptakan pada abad ke 15 membawa perubahan yang amat besar di bidang komunikasi. Untuk pertama kalinya, buku dapat di produksi secara masal. untuk itu di butuhkan kertas murah dalam jumlah yang banyak menggantikan perkamen yang mahal.

Untuk memenihi permintaan yang meningkat ini, pembuat kertas di tuntut untuk mempercepat dan meningkatkan produksi, tetapi tidak terlihat adanya terobosan yang nyata sampai datangnya abad 17. yaitu ketika Nicholas Luis Robert, dari essones, prancis mematenkan sebuah mesin yang menggunakan belt kawat mesh yang bergerak menggantikan fungsi cetakan kertas sehingga dapat dihasilkan kertas secara kontinew dan dalam jumlah besar. Mesin yang di bangun oleh Robert kemudian di bawah ke Ingrisdan di patenkan di sana pada tahun 1801 oleh hanry Fourdrinier, yang namanya di pakai sampai sekarang.

Sejarah Corrugated Paper

Corrugated paper atau disebut juga dengan Platet paper ( kertas Gelombang) pertama kali di temukan pada pertengahan adad ke 19. Pada awalnya Corrugated paper atau kertas gelombang untuk membuat topi. Corrugated paper pertama kali di patenkanpad tahun 1856 atas nama dua orang inggris bernama Halley and allen. Kegunaan Corrugated paper atau kertas gelombang kemudian berkembang dan di gunakan untuk membuat topi. Kegunaan Corrugated paper atau kertas gelombang kemudian berkembang dan digunakan sebagai alat pembungkus karena memiliki sifat bantalan yang mampu melindungi isinay terhadap bentuaran dari luar.

Sejarah Corrugated Board ( karton Gelombang )

Pad tahun 1874 seorang amerika bernama Olivider long Berhasil menambahkan liner Di atas corrugated paper yang kemudian di kenal dengan nama SINGLE FACE. Penemuan Single face ini di patenkan atas nama Oliver long. Pada tahun yang sama di temukan Single Face dengan menambahkan 2 lapis liner di kedua permukaan ( atas dan bawah ) kertas gelombang yang kemudian dengan nama CORRUGATED BOARD ( karton gelombang ).

Penemuan Mesin Pembuat Corrugated Board ( Karton Gelombang )

Pada tahun 1881 untuk pertama kalinya mesin pembuat single face di buat di amerika oleh perusahaan Thompson and Norris. Sejarah perkembangan Mesin Corrigated Board ( karton gelombang ) pun berlangsung hingga di daratan eropa yakni : tahun 1888 Di london (UK) Tahun 1886 di Kirchberg, Germany dan tahun 1888 Exideuil-sur-Vienne Prancis.

Pada 1895 mesin da perlata pembuat Corrugated Board ( karton gelombang) mulai memasuki dunia bisnis. Mesin pembuat Coorugated Barddi kembangkan oleh jeferson T. Ferres dengan nama perusahaan Sef5ton manufakturing co.

Incoming search terms:

  • corrugated paper adalah

Related Posts

2 Comments for this entry

  • Carly

    June 26th, 2016 on 12:54 pm

    I think that all these top 10 sexiest women look very good. I’m sure they all have something special. And they all deserve to be in this top 10 sexiest women. I don’t have a favorite, but if I were to choose one for the first place I would choose Keira Knlghtiey. She is very beautiful.










54207204