Pahami Tentang Format File

July 31, 2015  |   Posted by :   |   Artikel   |   0 Comment»

Artikel ini bukan untuk memperdebatkan PC Vs MAC . Setiap orang memiliki Platfolm favorit mereka, tetapi untuk beradaptasi di dunia garafis indonesia  dan internasional, kita harus mampu untuk bekerja dengan format file dari jenis computer lain, sistem dan platfolm yang berbeda.  Dalam hal ini pengguna PC  di INDONESIA terbiasa menjalankan Corel Draw  dan  Adobe Photoshop. namun, kita juga memiliki Machintosh G3 yang menjalankan Adobe Photoshop, namun, kita juga memiliki Machintosh G3 yang menjalan kan Adobe Ilustrator dan Adobe Photo Shop. untuk itu kita perlu mengubah file dari platform yang berbeda.

Mac Ke PC dengan Macropener   

Beberapa tahun yang lalu saat kita menggunakan file FormatMAC pada komputer PC kita banyak terjadi kendala. saat ini ada program Conveter baru yang namanya Mac Opener adalah yang mulai di jual di toko komputer di indonesia. ketika di Instal pada PC  anda, File MAC akan terbaca dengan sangat mudah hal ini memungkinkan komputer anda untuk secara otomatis “membaca” MAC dalam format Floppy disk, CD, disk ship, disk SYQUEST dan media lainnya. apakah sesederhana itu ? YA ! seringkali kita mendapatkan file MAC dari agen iklan dan departemen grafis Internasional dan kita tidak dapat menmbuka file MAC tersebut. Dengan MacOpener, kita tinggal menggunakan progamnya. dan progam MAC tersebut maka file tersebut akan “Terbuka” itulah kabar baiknya.

Sekarang untuk kondisi yang kurang nyaman tentang extention file. Seperti yang di uraikan di atas, dalam debat sebelumnya PC dan MAC, kita kebingungan di mana sebagian besar pengguna Mac tidak menggunakan Pc yang menjalankan windows dan sebaiknya. anda bisa menjadi sangat awam dengan lainnya. ini menjadikan masalah ketika pengguna Mac akan mengirimkan file nya. Ya,memang MacOpener dapat membaca file, yang di gunakan. Masalah nya terletak pada cara Mac dan PC menentukan jenis file, jika anda pengguna windows, maka akan terlihat sebuah ” Extention” setelah nama file dalam contoh, Corel Draw File umumnya berjudul ( namafile.crd), yang memberitahu komputer anda bahwa itu adalah file Corel Draw. tanpa perpanjangan, Corel bahkan tidak akan menampilkan file di kotak dialog open file karena sedang mencari Extention nya. hal yang sama berlaku untuk Photoshop.Ulasan ini di buat karena pembuat file di luar negeri terbiasa menggunakan MAC sedangkan di indonesia ini, grafis desainer terbiasa menggunakan PC dan windows.

Memperbaiki File Extentions Yang Hilang

Ulasan ini dibuat, karena kami memiliki pengalaman yang unik, Yaitu saat kami bekerja sama dengan salah satu perusahaan baru, kami memberi mereka file di-Zip dengan PC format di sertai instruktur memindai gambar pada drum Scener mereka pada 500 dpi dengan ukuran akhir ( 4 – 5 ) . Rencana kami adalah dengan memperbesar gambar di photoshop ukuran ( 10×12) sehingga akan menjadi ukuran akhir yang sebenarnya dan resolusi yang bagus (sekitar 200 dpi) .kami juga mengatakan bahwa kami ingin gambar RGB dan format file TIF. saat kami mendapatkan file zip dari perusahaan itu, kami mebuka dengan adobe Photoshop dan file tidak ada! kami terkejut bahwa tidak ada file yang di buka menyadari bahwa mereka harus melakukan scan, saya pergi ke windows Exploler dan melihat file-Zip nya,  file ada di sana dengan nama AIRPLANE, tapi itutidak ada EXTENSION nya. Progam photoshop di PC tidak akan membuka file tersebut, bahkan dengan SEARCH file di jendela open file. Tanpa Extention, Program PC membacanya bukanlah format file photoshop.

Saat kami membuat materi kerja dengan file TIF pada formulir pemesanan dengan format AIRPLANE.TIF dan dengan photoshop kami membuka file tersebut. menentukan bahwa mereka telah memindai gambar sebagai CMYK dan jika anda tau tentang cara melakukan pemisahan warna dengan photoshop, Maka anda tau bahwa anda harus mulai dengan gambar RGB! ini memberikan anda gambaran tentang kesalah pahaman yang ada antara MAC dan pengguna PC. Hal ini tentu tidak sengaja, hanya kurangnya pemahaman  tentang progam yang di gunakan.

Hal yang sama juga berlaku pada Corel Draw atau program lain. Mereka smua akan memiliki apa yang mereka sebut Fiter Impor yang mencari Extension file tertentu yang memberi tahu mereka bagaimana untuk membuat program. jika anda ingin file yang perpanjangan, maka anda pelu mencoba dengan Extesion yang berbeda atau menggunakan file pemetaan MacOpener yang otomatis akan melihat file dan menentukan apa Extensian file tersebut. Bahkan perusahaan ini juga belum melakukan apapun, kami menunggu penawaran harga mereka. Dan mereka mengatakan bahwa mereka baru mendapatkan Pentium II PC dan mereka perlu waktu 2 minggu ketika mereka siap untuk bekerja dengan file corel. Cpoorel draw adalah progam berbasis vector dan Adoabe photoshop adalah program berbasis pixel.

Jenis format file   

Masalah yang lebih besar adalah bahwa ada puluhan jenis format yang dibuat dalam format tertentu seperti di sebutkan sebelumnya, sebuah file CRD adalah format file Corel draw. Hanya corel DRaw-lah  yang akan membuka file jenis ini. jika anda berencana untuk memberikan berkas Corel dengan seseorang dengan Adobe Ilustrator hanya akan akan mengatakan itu adalah file yang tidak baik, Secara umum, file Grafis di buat dengan Vector- based dan pixel-based. Vektor-based pada dasarnya matematis dan komputer bisa beradaptasi begitu di perbesar atau di perkecil dengan resolusi dan kualitas yang tetap. Pixel – based terdiri dari jutaan pixel kecil. file-file ini memiliki resolusi berbeda ( berdasarkan pada ukuran  pixel) sehingga anda membuat gambar smakin menjadi lebih besar.

Kasus Font Hilang

Suatu masalah ketika bekerja dengan file dari sumber-sumber luar adalah font yang hilang saat di “buka” jika anda tidak memiliki font yang sama maka, progam seperti Corel Draw akan mengganti font dengan type font yang sejenis. setelah anda menyelasaikan pekerjaan anda harus memberikan font nya. Terus terang, Anda lebih baik memiliki font dikonversi ke kurva. Perlu di ingat bahwa sekali font di ubah, Anda tidak dapat mengubah ejaan atau bahkan font. Sehinggahanya serangkaian objek grafis di komputer.

File Photoshop Di Progam Corel Draw

Adobe phothoshop adalah progam yang sangat kuat untuk dapat digunakan untuk mengambil file RGB dan membuat saluran alpha tambahan warna tertentu dan Underbases. Meskipun PSD, TIF dan format EPS mendukung kanal alpha, Carel Draw akan memberikan kesalahan file (File korup, format file tidak di ketahui,dll) jika anda mencoba untuk membuka file dalam Corel draw yang berisi saluran alpha. Jika anda kan mengambil TIF atau PSD ke korel draw untuk menambahkan Elemen grafis tambahan anda, maka akan sangat perlu untuk menghapus saluran alpha apapun yang di buat dengan progam photoshop.

Ada beberapa file format umum yang sering kita jumpai, Pahami Tentang Format File melalui penjabaran sebagai berikut ;

CDR

Format Asli Corel Draw sangat spesifik untuk Corel Draw saja. Jika anda berencana untuk membrikan file Gravis kepada seseorang yang tidak menggunakan corel, pastikan untuk Expor file dalam bentuk file EPS (untuk program berbasis vektor adobe ilustrator), atau sebagai TIF untuk program berbasis pixel seperti Adobe photoshop.

EPS

Encapsulated Post Script file. ini adalah format yang Universal yang dapat berisi dengan format Vektor dan gambar grafis bitmap. File EPS dapat di buka di Corel Draw, Adobe Ilustrator, Photoshop (Gambar rastarized sebagai tekah di buka), freheand dan program lainnya ( MAC atau PC)

TIF

Mengerti Tentang File Format adalah file berbasis Rasterpixel  yang juga merupakan format yang sangat umum untuk Scan dan gambar di simpan dalam Adobe Photoshop. Corel Draw dapat imporfile TIF dan anda bisa menggunakan Draw 8.0 yang meringankan, mempertajam dan melakukan gambar lainnya manipulasi tapi anda TIDAK BISA klik pada warna tertentu, Pecah, atau melakukan manipulasi lain yang dapat anda lakukan dengan format berbasis Vektor.

PSD

Adobe Photoshop File. berasal dari photoshop format yang sebagian besar program dapat di buka atau di Impor dengan progam lainnya.

JPG ( JPEG)

The Joint Photographic Experts Group Format kompresi yg dapat mengambil file 20 MegaByte turun ke 500 KB. hal ini di kenal sebagai format loosy, dalam hal ini , akan ada kehilangan formasi dan kualitas file, file JPG biasanya di gunkan untuk Grafis Web atau ketika mengirim file melalui internet. Anda dapat menentukan tingkat kualitas  file saat menyimpan file JPG anda tidak di sarankan menggunakan format ini kecuali jika anda benar-benar perlu.

GIF  : Graphic Interchange format. format ini di gunakan untuk grafis web.

BMP : Standard Windows Image format untuk gambar berbasis Pixel. Anda akan menemukan beberapa Clip Art murah dalam format BMP. Tidak untuk Clip-Art yang di jual.

WMF

Windows Metafile Format. ini adalah format berbasis Vektor, seperti EPS, Memungkinkan anda untuk menyimpan skala gambar yang lebih besar di Corel Draw tanpa kehilangan kualitas. Ok, Jadi format apa yang anda gunakan, jika anda akan menggunakannnya untuk sistem yang berbeda maka format EPS untuk brbasis Vektor dan tif untuk gambar berbasis Pixel.

Incoming search terms:

  • apa itu format
  • terangkan yang anda ketahui tentang format windows metafile
  • yang dapat di impor ke dalam corel draw adalah
  • apa itu format file ?
  • terangkan yang anda ketahui tentang format windows metafile (wmf)
  • Sofware berbasis vektor untuk formasi komputer web adalah
  • format-format file vektor yang anda ketahui
  • Apa yang terjadi bila gambar bitmap kita perbesar atau perkecil
  • apa itu format kartu media
  • apa itu file icm?

Related Posts










54207204