Memulai Bisnis Percetakan dengan Modal dari Nol

July 31, 2015  |   Posted by :   |   Artikel   |   2 Comments»

Anda ingin memulai Usaha? Masih bingung usaha apa yang ingin digeluti?. Mungkin bagi Anda yang menyukai dunia cetak mencetak, Anda bisa memulai dengan membuka bisnis agen percetakan Modal Nol. Beneran bisa usaha percetakan modal Nol?

Pada dasarnya membuat sebuah percetakan memerlukan modal yang sangat besar, minimal 1 Miliard. Namun tidak perlu berkecil hati bagi Anda yang ingin mempunyai sebuah percetakan, Anda bisa memulainya dengan menjadi Agen percetakan, pelan-pelan sampai nanti memiliki mesin sendiri dan  sampai akhirnya mempunyai percetakan sendiri.

Lalu saya harus memulai darimana? Sebetulnya kalau mau kita jabarkan satu persatu pasti banyak sekali, tapi dalam kesempatan ini saya akan mencoba membahas langkah-langkah awal yang paling mendasar saja.

Langkah-Langkah Awal Memulai Bisnis Percetakan Modal Nol:

1. Harus mulai dari mana ?
2. Berapa modal yang harus di persiapkan ?
3. Dimana tempat yang cocok atau strategis berusaha percetakan ?
4. Bagaimana memproses orderan cetakannya ?

1. Harus mulai dari mana  ?

Untuk memulai bisnis ini, tahap awal Anda bisa mulai observasi keberadaan percetakan-percetakan yang menyediakan jasa cetak. Artinya percetakan yang memiliki mesin cetak offset, yang menerima jasa cetak. Lalu cari percetakan yang menerima jasa setting, lalu cari toko kertas yang menjual macam-macam jenis kertas dalam ukuran besar. Biasanya keberadaan mereka di setiap kota saling berdekatan. Setelah Anda tahu masing – masing tempat tersebut, maka ketika Anda mendapat order cetakan maka kesanalah anda bisa mengerjakan order anda tersebut.

2. Modal Usaha

Untuk modal usaha menjadi agen percetakan sebetulnya tidak perlu modal besar, karena anda bisa mulai bisnis ini dari menangani order – order yang kecil terlebih dahulu, misal order kartu nama, undangan, stiker atau form – form toko. bahkan untuk kasus tertentu tanpa modalpun bisa Anda lakukan. Ga percaya ! berikut ilustrasinya Contoh Kasus Anda mendapatkan order undangan penikahan sebanyak 1000 lbr, dengan asumsi harga perlembar Rp 1.500,- hingga total uang yang akan Anda terima Rp 1.500.000,- Tahap awal Anda bisa bilang kepada konsumen Anda untuk minta DP minimal 50 % dari total penjulan yaitu Rp 750.000,-, dengan uang Rp 750.000, di tangan.

Maka Anda datangi percetakan yang bisa melayani pembuatan undangan tersebut. Disana Anda bisa bernego dengan orang percetakan tersebut, katakan bahwa Anda punya order undangan dan bermaksud bekerjasama dalam pembuatannya ( Istilahnya Anda berprilaku seolah-olah sebagai broker atau calo, sebetulnya dalam dunia percetakan Anda di sebut Agen Percetakan) Anda tawar harga pengerjaan undangan tersebut menjadi Rp 1000,- / lembar. Ko bisa murah sekali nawarnya, ya bisa aja, ingat dalam bisnis undangan, tingkat keuntungan / profit margin berkisar antara 30 – 50 %. Jadi dengan kita tawar 1000 / lembar, harga tersebut masih menguntungkan buat mereka. Lalu Anda pun membayar DP nya sebesar 50 % dari 1 juta alias 500 ribu.

Kini Anda punya uang cash 250 ribu selisih dari DP yang Anda terima dari konsumen Anda. Selanjutnya setelah 4 – 5 hari kemudian order undangan yang sudah jadi, Anda ambil, Anda pakai uang yang 250 ribu sisanya untuk tambahan uang pelunasan, Anda nego dengan percetakan tersebut bahwa sisa pembayaran 250 ribu lagi akan Anda bayar setelah Anda terima uang pelunasan dari konsumen Anda. Karena masih order pertama, mungkin saja mereka tidak langsung percaya, takut – takut kalau anda tidak balik lagi, untuk meyakinkan mereka Anda bisa kasih jaminan SIM atau KTP Anda. ini juga pilihan terakhir kalo mereka tidak juga percaya Anda. Singkat kata, setelah uang pelunasan undangan tersebut anda terima maka segeralah anda lunasi hutang Anda, jangan pernah menunda-nunda. Anda sedang memulai usaha, jangan cuma membangun usaha yang anda pikirkan tapi juga membangun kepercayaan. Jelas yaa sekarang dengan modal Rp 0,- Anda bisa mendapatkan keuntungan 500 ribu, enak kan ! ya i ya laah dan Alhamdulillah Ingat, bisnis apapun harus dimulai dari membangun kepercayaan, kepercayaan akan timbul setelah ada pembuktian dan bukan karena di minta, jadi berusahalah untuk selalu jujur dalam berbisnis, jaga kepercayaan konsumen serta klien anda. Bila kepercayaan telah terbangun niscaya usaha andapun akan semakin berkembang dan jangan heran bila kemudian kemudahan-kemudahan akan anda temui dalam perjalanan bisnis Anda

3. Tempat Usaha

Tempat usaha yang cocok atau strategis sebetulnya relative, karena banyak kasus usaha yang katanya berada pada tempat paling strategis, paling menguntungkan berada di pusat kota, mudah di jangkau dari segala arah, namun ternyata dalam perjalanannya justru bangkrut. namun sebaliknya ada usaha yang lokasinya standar namun bisa bertahan bahkan berkembang. Tapi kali ini karena pembahasan usaha percetakan ini baru mulai dan masih kecil – kecilan dengan modal pas-pasan, maka pilihan tempatnya adalah dimana Anda tinggal, bila Anda tinggal di rumah sendiri, maka disitulah tempat usaha percetakan Anda, bila masing ngontrak atau ngekos maka disanalah usaha usaha percetakan Anda. Sebetulnya sederhana untuk membuka percetakan ini, cukup dengan membuat spanduk ukuran 1 x 3 meter atau 1 x 2 meter, lalu Anda letakkan di depan rumah atau kontrakan Anda, selesai dan selamat Anda sudah punya usaha percetakan, alias agen percetakan.

4. Memproses Orderan

Ketika order sudah Anda dapatkan, maka selanjutnya Anda yaitu Anda memproses orderan tersebut. cara proses yang mudah sudah saya jelaskan diatas, yaitu cari saja percetakan yang mau mengerjakan semua proses pembuatan undangan tersebut. Kalau itu yang anda lakukan maka Anda harus rela berbagi keuntungan dengan mereka. Kalau anda ingin memaksimalkan keuntungan anda maka anda harus melakukan step-step berikut. Untuk mudahnya saya akan buatkan ilustrasinya, misalnya Anda akan memproses order undangan.

Langkah – langkahnya :

a. Setelah order diterima, kemudian Anda menuju percetakan yang melayani setting undangan, sekaligus mempunyai mesin cetak. Disetiap kota biasanya selalu ada percetakan yang melayani jasa setting serta cetak offset ( mempunyai mesin cetak ). disana anda dapat mengerjakan order Anda.

b.Pilihan kedua, dan ini yang lebih baik yaitu anda cari percetakan yang selain melayani jasa setting, cetak offset juga menjual bahan kertas dari berbagai jenis serta ukuran termasuk kertas undangan. Bila Anda mendapati percetakan seperti ini maka cukup hanya datang kesatu tempat ( percetakan tersebut )maka order cetakan anda akan langsung selesai, tanpa perlu kemana-mana lagi.

Incoming search terms:

  • Modal usaha percetakan offset
  • usaha percetakan
  • bisnis percetakan
  • broker cetak offset
  • modal usaha percetakan
  • broker cetak offset#spf=1
  • bisnis percetakan offset
  • calo percetakan
  • agen percetakan
  • membuka jasa cetak brosur undangan

Related Posts

2 Comments for this entry

  • Lorene

    June 26th, 2016 on 7:27 am

    My favorite childhood meal was probably a toss up between my mom’s crock pot chuck roast and her pan fried cube stakes. It’s funny to think about this now that I’m a vegetarian but my mom do2n7&#8e1s;t really cook vegetables.










54207204