Cara Tepat Berbagi File Ukuran Besar dengan Online

July 20, 2015  |   Posted by :   |   Artikel   |   0 Comment»

Cara terbaik mengirimkan atau berbagi file yang berukuran besar tentunya adalah melalui usb atau sejenisnya, namun terkadang itu bukanlah sebuah pilihan. Oleh karena itu Internet dapat menjadi solusi berbagi file secara online kepada teman Anda. Berikut cara-cara terbaik berbagi file yang berukuran besar secara online.

Cloud Storage

percetakan-dimensi-cloud-storage

Cloud storage adalah salah satu alternatif terbaik untuk mebagi-bagikan file ke teman Anda

Salah satu cara paling mudah untuk berbagi file adalah dengan menggunakan cloud storage. Untuk menggunakan cloud storage ini sendiri sangatlah mudah, Anda hanya perlu membuat akun di cloud service terkait dan langsung menggunakannya dimana sebagian besar penyedia layanan ini menyediakannya secara gratis.

Kekurangannya adalah terkadang beberapa penyedia layanan cloud ini memberikan batasan atas berapa besar file yang dapat Anda upload jika Anda menggunakan akun gratis. Beberapa memiliki batas maksimal yang sangat kecil dan beberapa memiliki batas maksimal yang cukup besar, untuk lebih jelasnya, Anda dapat membandingkan keseluruhan batas tersebut di Wikipedia atau arstechnica.

Penyedia-penyedia layanan cloud dengan kapasitas file limit yang cukup besar bagi akun gratis adalah Dropbox, Google Drive, SkyDrive, Wuala, dan Ubuntu One. Bagi pengguna Indonesia, jika Anda ingin membagi-bagikan file Anda untuk banyak orang maka mungkin Indowebster dapat menjadi pilihan terbaik Anda.

Simple Sharing

simple_sharing_percetakan_dimensi

Simple Sharing adalah salah satu alternatif termudah untuk mengirimkan file ukuran besar ke teman Anda

Simple Sharing sebenarnya sangatlah mirip dengan cloud storage dan memang sebagian besar orang tetap menyebut layanan mereka sebagai cloud storage namun sebagian juga menyebutnya sebagai file locker atau storage locker. Hanya saja perbedaannya adalah Anda dapat melakukannya secara cepat dengan me-upload file ke server mereka, kemudian mengirimkan link file tersebut langsung ke teman Anda.

Memang terkesan sangat mudah namun biasanya para penyedia layanan ini akan membatasi kecepatan Anda jika Anda melakukannya secara gratis dan batasan ukuran file juga sangatlah terbatas. Kekurangan lainnya adalah masalah copyright serta lamanya penyimpanan, biasanya file yang Anda upload di file locker akan dihapus sesudah beberapa saat atau jika melanggar copyright tertentu. Oleh karena itu, simple sharing bukanlah pilihan terbaik Anda untuk melakukan backup file.

Namun jika Anda hanya ingin mengirimkan sebuah file dengan cepat dan hanya bersifat satu kali pengiriman maka ini adalah solusi terbaik Anda. Penyedia layanan ini adalah Mediafire, Minus, RapidGator, WeTransfer, JustBeamIt, dan FilesToFriend.

Direct Sharing (Connect Sharing)

connect_sharing_percetakan_dimensi

Connect Sharing adalah salah satu alternatif terbaik untuk mebagi-bagikan file secara langsung

Cara-cara lain adalah berbagi atau mengirimkan file dengan menggunakan layanan pihak ketiga (third-party service), namun bagaimana jika tiba-tiba Anda ingin mengirimkan banyak file secara sekaligus di komputer Anda dan Anda terlalu malas berurusan dengan web apps? Maka alternatif terbaik Anda tentunya adlah dengan membagikannya secara langsung (direct sharing atau connect sharing) dari komputer Anda. Beberapa yang dapat menjadi alternatif Anda adalah Tonido, BitTorrent, FileZilla dan DC++.

Salah satu kekurangan dari alternatif ini adalah Anda harus melakukan sedikit konfigurasi atau pengaturan sebelum Anda dapat membagikan file-file yang ada di komputer Anda. Mungkin terdengar cukup kompleks, namun beberapa sangatlah mudah untuk digunakan. Seperti contohnya untuk BitTorrent, Anda hanya perlu mendownload software, melakukan sedikit pengaturan, kemudian memberikan link ke teman Anda, maka direct sharing akan terjadi.

Kekurangan lain dari alternatif ini adalah terkait keamanan privasi, namun hal ini dapat diakali dengan melakukan pengaturan yang lebih kompleks serta menggunakan software yang benar-benar terpercaya seperti FileZilla contohnya.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa jika Anda ingin melakukan backup file maka cloud storage adalah pilihan terbaik Anda, sedangkan untuk pengiriman file yang cepat serta mudah maka gunakanlah Simple Sharing, dan terakhir jika Anda malas untuk berurusan dengan web apps dan ingin langsung membagikannya dari komputer Anda maka gunakan Connect Sharing.

Incoming search terms:

  • berbagi file online
  • desain Kalender2017 coreldraw
  • file storage online ukuran besar

Related Posts










54207204